Kadis Kesehatan Kota: Selain Lansia, Vaksin Gratis Juga akan Berlaku Bagi ODGJ dan Napza

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy menyebut, penyuntikan vaksin Covid-19 juga akan diberlakukan secara gratis kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), pengguna narkoba, alkohol, psikotropika dan zat adiktif atau Napza.

“Bukan hanya berlaku bagi masyarakat umum dan orang lanjut usia (Lansia) saja, namun ODGJ dan Napza juga akan dapat vaksin gratis,” kata Kadis kepada wartawa, di Ambon Rabu (2/6/2021).

Sesuai ketentuan, ada beberapa kategori saja yang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 gratis, diantaranya warga Lansia, masyarakat umum, ODGJ dan Napza.

Menurut dia, selama pihaknya masih mendapatkan suplai vaksin, maka penyuntikan kepada beberapa kategori itu tetap gratis. Tetapi untuk Lansia, hingga kini masih tetap dilakukan di Puskesmas.

Pelupessy mengaku, sesuai edaran baru dari Pemerintah Pusat, warga Lansia yang dimaksud bukan berumur di atas 60 tahun, melainkan 50 tahun ke atas sudah. Mereka yang berumur 50 tahun ke atas masuk dalam kategori warga senior.

“Di atas 50 tahun juga sudah termasuk Lansia. Memang saat ini yang menjadi prioritas kita adalah Lansia, makanya pelayanan terhadap mereka terus dilakukan,” katanya.

Baca Juga :   Dinkes Ambon Imbau Pelaku Usaha Ikut Vaksinasi

Sementara untuk vaksin berbayar, lanjut dia, hanya berlaku terhadap para karyawan swasta. Jadi pihak perusahaan yang nantinya mengurus vaksinasi untuk para pekerjanya.

“Nantinya perusahaan yang melakukan pendaftaran seluruh pekerjanya di Kadin. Lalu Kadin menunjuk rumah sakit mana untuk digunakan sebagai tempat vaksinasi,” ungkapnya.

Menurut dia, vaksin berbayar terhadap karyawan swasta bukan menjadi tanggungjawab atau wewenang dari Dinas Kesehatan.

“Untuk swasta akan menjadi tanggungjawab Kadin. Gotong royong namanya,” ujarnya.

Dia merincikan, sesuai data terakhir per 31 Mei 2021, jumlah orang yang telah divaksin sebanyak 49.456 orang atau sebesar 22 persen.

Baca Juga :   Dinkes Ambon Imbau Pelaku Usaha Ikut Vaksinasi

“Saat ini pencapainnya baru 22 persen dari 224.000 orang yang harus divaksin di Kota Ambon. Untuk lansia presentasenya 34,7 persen, sementara pelayanan publik 73 persen,” rincinya. (DBA)

Kadis Kesehatan Kota: Selain Lansia, Vaksin Gratis Juga akan Berlaku Bagi ODGJ dan Napza

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait