Jurusan AGP FPIK Unpatti Peluang Kerjanya Terbuka, Syaratnya Mahasiswa Harus Miliki Ini

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID – Saat menjalani proses perkuliahan, pasti ada sesuatu yang ingin di capai oleh mahasiswa, berupa peluang pekerjaan usai menempuh pendidikan. Tentu tak terlepas dari jurusan mata kuliah yang dipilih.

Bagi anda yang hendak memilih jurusan, cobalah  dengan Jurusan Program Studi Agrobisnis Perikanan (AGP) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura (Unpatti).

Dimana, pada Jurusan Program Studi AGP FPIK Unpatti, ada beberapa pasar kerja yang ketika Mahasiswa lulus menjadi seorang sarjana bisa mencoba untuk bergabung.

Sekretaris Jurusan Program Studi AGP FPIK Unpatti, Dr. Ir. Renoldy L. Papilaya, Mp, mengatakan, pasar kerja yang bisa di coba oleh mahasiswa Jurusan Program Studi AGP misalnya Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, maupun juga bisa di Badan Penanaman Modal.

Lanjutnya, mahasiswa juga harus mandiri, dalam artian mahasiswa harus bisa menciptakan suatu produk kreatif sesuai dengan bidang keilmuan. Kemudian produk tersebut di kembangkan sebagi suatu bidang kewirausahaan.

“Misalnya membuat krekers ikan dari kulit ikan tuna, sisik ikan di jadikan giwang/perhiasan seperti kalung, anting-anting dan sebagainya. Kemarin saya juga sudah mendata program kreativitas mahasiswa (PKM) yang dimana mereka membuat vas bunga dari sumber daya pesisir,” ujar Papilaya.

Baca Juga :   Mahasiswa IAIN Demo Tuntut Percepat Mubes Dema

Namun, untuk mencapai semua itu, mahasiswa jurusan Program Studi AGP, kata dia, harus mempunyai kemampuan Soft Skill dan Hard skill.

Dia mengatakan, Untuk kemampuan Soft Skill, yang harus di bangun iyalah kemampuan untuk bisa bekerjasama. sehingga bukan hanya saja mencakup pengetahuan dan keahlian spesifik atau Hard Skill saja, tetapi harus ada kemampuan untuk bekerja sama.

Dia juga mengatakan, Untuk melatih hal itu, jurusan Program Studi AGP FPIK Unpatti memiliki pendukung laboratorium komputer. Dimana laboratorium itu di gunakan sebagai tempat penelitian dosen, mahasiswa, serta juga untuk praktikum mata kuliah yang berkaitan dengan analisis data.

Baca Juga :   Unpatti dan RSUP Leimena MoU, Rektor: Mahasiswa Bisa Ikut Praktek

Serta di dalam laboratorium itu, kata dia, memiliki sekitar 15 perangkat komputer.

“Namun kita AGP itu lebih banyak laboratoriumnya di lapangan. Orientasi di lingkungan masyarakat sebagai laboratorium lapangan kita. Meskipun sudah ada juga kita punya laboratorium lapangan di Hila yang dimana disitu ada keramba, ada budidaya dan macam-macam,” jelasnya.

Selanjutnya, Jurusan Program Studi AGP, kata dia juga memiliki perpustakaan ruang baca.

“Karena Dulu kita dapat hibah atau bantuan kompetisi A1 dari Dikti, lalu kita mengadakan buku-buku sekitar 200 buku untuk ruang baca Agrobisnis Perikanan. Sebab mahasiswa juga keterbatasan, sehingga perpustakaan itu mahasiswa bisa datang membaca dan pinjam buku,” ujarnya. (Abdul)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait