Jevo Pellu dan Rovik Afifuddin Dinilai Layak Pimpin KAHMI Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Musyawarah Wilayah (Muswil) Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) wilayah Maluku mulai memanas.

Bursa persaingan antarkandidat mulai terasa menjelang perhelatan Muswil yang akan berlangsung di Kota Ambon pada pertengahan Juni mendatang.

Sejumlah calon yang diyakini bakal maju pada Muswil nanti dikabarkan telah bergerilya untuk merangkul pemilik suara. Dari informasi yang diterima Kampiun.co.id, ada sejumlah kandidat bahkan secara terang-terangan telah melakukan lobi ke daerah untuk mengamankan suara.

Menanggapi panasnya bursa persaingan antarkandidat menjelang Munas Kahmi yang sebentar lagi akan dihelat, salah satu pengurus Kahmi Kota Ambon, Mahmut Latif mengatakan dinamika yang terjadi itu merupakan hal yang biasa.

“Soal panasnya persaingan, itu hal yang biasa sebab dinamika seperti itu sudah lumrah sejak kita dan senior-senior yang akan maju itu berproses di HMI dulu,” katanya kepada Kampiun.co.id, Selasa (1/6/2021).

Ia mengaku banyaknya nama yang bermunculan menjelang Muswil Kahmi Maluku menandakan semangat para senior HMI yang ada di KAHMI untuk membesarkan HMI masih sangat tinggi, dan hal itu perlu diapresiasi.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Ambon ini pun berpandangan bahwa Kahmi Maluku kedepan harus lebih progresif dan proaktif dalam melihat berbagai masalah sosial kemasyarakatan termasuk juga masalah keumatan di Maluku.

Baca Juga :   Sambut Muswil, Kahmi Maluku Gelar Jalan Sehat, Pemeriksaan Kesehatan dan Rapid Antigen Gratis

Kahmi kata Mahmut juga harus mampu bertransformasi menjadi wadah yang dirasakan manfaatnya tidak hanya oleh kader HMI tapi juga oleh umat islam di Maluku.

“Poinnya itu Kahmi Maluku kedepan harus lebih progresif dan lebih peka terhadap berbagai isu dan masalah yang terjadi, termasuk yang paling utama itu tetap menghidupkan HMI,” katanya.

Terkait munculanya sejumlah nama menjelang Muswil Kahmi Maluku, Mahmut mendorong agar para pemilik suara dapat memberikan dukungan kepada tokoh muda untuk memimpin Kahmi Maluku kedepan.

Baca Juga :   Muswil Selesai, Ini 7 Anggota Presidium Kahmi Maluku Terpilih

Mahmut lantas menyebut dua tokoh muda yang layak untuk memimpin Kahmi Maluku kedepan yakni Rovik Akbar Afifuddin yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Maluku dan Jevo Pellu yang saat ini berprofesi sebagai pengusaha.

“Mewakili kahmi Muda, kami mendorong para pemilik suara dapat memilih kanda Rovik dan kanda Jevo untuk masuk ke dalam pengurus Presidium Kahmi Maluku pada Muswil nanti,” katanya.

Ia menilai kedua tokoh muda HMI itu sangat layak untuk memimpin Kahmi Maluku, sebab selain enerjik, kedua tokoh tersebut juga sangat peduli dengan HMI selama ini.

“Jadi perlu ada kolaborasi di Presidium Kahmi Maluku, harus ada perpaduan tokoh tua dan tokoh muda dan untuk tokoh muda kami mendorong kedua nama tersebut,” katanya.

Pelaksanaan Muswil Kahmi Maluku sendiri sesuai jadwal akan berlangsung di di Swisbel-Hotel Ambon selama dua hari mulai 12 Juni mendatang.

Dalam Muswil tersebut pemilik suara yang berasal dari utusan Kahmi daerah di kabupaten kota di Maluku akan memilih tujuh orang sebagai Presidium Kahmi Maluku. Nantinya ketujuh pressidum terpilih ini akan memimpin Kahmi Maluku secara bergeentian.

Diberitakan sebelumnya sejumlah nama mulai santer diperbincangkan akan maju pada Muswil Kahmi Maluku Juni mendatang.

Baca Juga :   Deretan Alumni HMI yang Bakal Maju di Muswil KAHMI Maluku, Ada Politisi, Pejabat, Perwira Polisi hingga Akademisi  

Beberapa nama dari kalangan pejabat daerah seperti Kepala Dispenda Maluku, Dr. Djalaludin Salampessy, Sekretaris Daerah Maluku Tengah Dr. Rakib Sahubawa, Kepala Dinas ESDM Provinsi Maluku Fauzan Khotif, Kadis Perindag Buru, Syahfan Ivan Umasugi dan beberapa nama lainnya.

Selanjutnya dari kalangan politisi dan DPRD ada nama   Rovik Akbar Afifuddin, Ridwan Rahman Marasabessy, Amir Rumra, Abas Hanubun, Ramli Mahulete dan Azis Hentihu.

Lalu figur yang muncul dari kalangan pengusaha ada nama Sofyan Harihaya, Jefo Pellu, Azis Latar, Mahmud Renngiwurwarin dan Saiful Chaniago.

Baca Juga :   Muswil KAHMI Maluku Digelar di Ambon Juni Mendatang

Sedangkan untuk praktisi ada  dua nama yang mucul yakni  Lutfi Sanaki dan Dr. Fahri Bachmid.

Untuk nama dari kalangan akademisi yang digadang-gadang akan maju sebagai presidium Kahmi Maluku seperti Prof. A. Khalik Latuconsina, DR. Jusuf Madubun, Dr. Hasbollah Toisuta, Dr. Rido Uluputy, Dr. Farida Mony, Dr. Ruslan Tawari, DR. Abidin Wakano, DR Junaidy Rupilu dan sejumlah nama akademisi lainnya.

Selanjutnya sejumlah figur lainnya yang juga akan maju pada Muswil Kahmi Maluku mendatang seperti  Mantan Anggota DPRD Maluku, Saleh Wattiheluw, Hasan Pellu, Arsad Rahawarin, Nasit Marasabessy, Abdul Kadir El, Evi Badila dan Dr. Abdurahman Umarela.

Dua mantan kepala daerah yakni mantan Bupati Buru, Husni Hentihu dan Mantan Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang juga dikabarkan bakal maju dalam Muswil tersebut.

Tak hanya itu Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat juga dikabarkan siap maju di Muswil Maluku nanti.

Muhamad Roem Ohoirat sendiri tercatat sebagai alumni HMI dari Komisariat Fisip Unpatti yang sempat berproses hingga ke pengurus HMI Cabang Ambon sebelum akhirnya mendaftar diri sebagai polisi.

Baca Juga :   Muswil Selesai, Ini 7 Anggota Presidium Kahmi Maluku Terpilih

Sementara untuk calon sekretaris KAHMI, ada sederet nama yang diperbincangkan keluarga besar HMI seperti  Dr. Jufri Pattilouw, M. Taher Karepesina, Dr. M. Hanafi Hole, Dr. Saidin Ernas, Dr. Nasarudin Umar, Dr. Abdul Manaf Tubaka, Husain Marasabessy, Dr Maryam Sangaji, Safiin soulisa, Giman Saimima, Usman Umarela dan Yunan Irawan Borut. (KPL)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait