Jadi Desa Persiapan, Bupati SBB Lantik Penjabat Saweli dan Lasahata

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) M Yasin Payapo, Rabu kemarin (23/6/2021), melantik dan mengambil sumpah dua Penjabat Kepala Desa (Kades) Persiapan, untuk menjalankan roda pemerintahan di desanya masing-masing.

Dua penjabat yang dilantik yakni Gerson Josua Sawelet sebagai Penjabat Kades Persiapan Saweli dan Barce Stenly Lumamina Penjabat Kades  Lasahata, Kecamatan Taniwel.

Saweli dan Lasahata dinyatakan sebagai Desa Persiapan, setelah memenuhi persyaratan pemekeran. Berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Provinsi Maluku dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, kedua wilayah yang awalnya adalah dusun, dinilai telah memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi Desa Persiapan.

Usai prosesi pelantikan, Bupati mengingatkan kedua Penjabat Kades untuk berkoordinasi dan selalu menjalin komunikasi secara baik dengan pemerintah Desa Induk, kecamatan maupun kabupaten.

“Sebuah tugas yang tidak mudah dibebankan di pundak saudara, karena kalian yang dilantik adalah kepala perintis jalannya pemerintahan persiapan,” kata Payapo dalam sambutannya.

Dia juga meminta kedua penjabat, segera membentuk struktur organisasi dan mengangkat perangkat desanya.

“Hal ini hendaknya tidak ditunda, agar pemerintahan desa persiapan berjalan efektif,” ujar Bupati.

Hal paling penting yang harus dilakukan kedua penjabat, kata Bupati, yakni berkoordinasi dan menjaga kestabilan dengan masyarakat, agar desa persiapan ini segera ditingkatkan menjadi definitif.

Baca Juga :   Lantik Penjabat Desa, Bupati SBB Ajak Warga Hindari Isu Provokatif

Menurutnya, penetapan batas wilayah, pengelolaan anggaran operasional, pembentukan struktur organisasi, pengangkatan Kepala Desa, penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk desa, pembangunan sarana dan prasarana pemerintah desa.

Kemudian pendataan kependudukan, potensi ekonomi, pengembangan sarana ekonomi, dan pendidikan adalah upaya yang harus didorong dan didukung oleh semua elemen masyarakat kedua desa.

“Karena hal-hal inilah yang akan mempermuda dan menjadi salah satu syarat agar Desa Persiapan ini menjadi definitif,” pungkasnya. (KCI)

Baca Juga :   Kasus Wartawan Dipukul Saat Meliput, Komnas HAM Surati Bupati SBB, Terlibat?
Jadi Desa Persiapan, Bupati SBB Lantik Penjabat Saweli dan Lasahata

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait