Gubernur Maluku Imbau Warga di Daerah Rawan Gempa Tetap Waspada

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengimbau masyarakat di selatan Pulau Seram, khususnya di pesisir Tehoru-Teluk Telutih hingga Siwalalat untuk tetap waspada pasca kejadian gempa berkekuatan 6,1 magnitudo 6,1 pada Rabu (16/6/2021).

Imbauan Gubernur ini menyusul peringatan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat setempat tetap waspada terhadap gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut.

“Saya minta agar masyarakat tetap waspada sebagai bentuk ikhtiar kita semua,” kata Gubernur Murad dalam keterangan terulis yang disiarkan Humas Pemprov Maluku, Rabu malam.

Menurutnya, dengan dikeluarkannya imbauan dari BMKG, masyarakat di pesisir selatan khususnya yang berada di Kecamatan Tehoru hingga Kecamatan Siwalalat, Seram Bagian Timur untuk selalu waspada dengan potensi bencana tersebut.

Dia meminta agar masyarakat sementara ini segera menjauhi pesisir pantai. Sampai saat ini, pihak BMKG masih terus memonitoring gempa susulan yang masih berpotensi terjadi di daerah tersebut.

“Lebih aman menjauhi pantai dan berada di tempat ketinggian,” ajak gubernur.

Sebelumnya, Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua juga telah meminta warga sejumlah desa pesisir di wilayah itu untuk mengungsi ke lokasi yang aman. Permintaan Abua itu selanjutnya diteruskan oleh BPBD hingga tingkat pemerintah desa.

Baca Juga :   Bupati Maluku Tengah: Alhamdulillah tidak Ada Korban Jiwa

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Maluku Tengah pada pukul Pukul 13.43 WIT.

Akibat gempa tersebut, puluhan rumah warga di Kecamatan Tehoru mengalami kerusakan. Selain rumah, talud penahan gelombang sepanjang 300 meter juga rusak.

Pascagempa, ribuan warga di wilayah itu termasuk sejumlah warga di Masohi, ibu kota Maluku tengah juga memilih mengungsi ke tempat ketinggian.

Hingga saat ini BPBD Maluku Tengah masih terus melakukan pendataan bagi rumah-rumah warga yang rusak. (HPM).

Baca Juga :   Tsunami Terjang Tehoru Setelah 2 Menit Gempa Guncang Maluku Tengah
Gubernur Maluku Imbau Warga di Daerah Rawan Gempa Tetap Waspada

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait