Gempa Maluku Tengah, 143 Rumah Warga Rusak

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah masih terus mendata jumlah kerusakan rumah warga yang rusak akibat gempa 6,1 magnitudo di wilayah tersebut.

Kepala BPBD Maluku Tengah, Abdul Latif Key mengaku hingga Kamis (17/6/2021) pagi ini jumah rumah warga yang terdata mengalami kerusakan sebanyak 143 unit.

“Sampai pagi ini ada sebanyak 143 unit rumah warga yang terdata mengalami kerusakan,” kata Latif kepada Kampiun.co.id via telepon seluler.

Dia tidak merinci berapa jumlah rumah yang rusak ringan, sedang maupun rusak berat, namun ia mengatakan ratusan rumah warga yang rusak itu tersebar di empat desa yakni di desa Tehoru sebanyak 40 rumah, Haya, 18 rumah, Yaputih 15 rumah dan Saunalu 70 rumah.

“Tapi ini masih data sementara karena tim masih melanjutkan pendataan lagi, makanya kita belum bisa merinci rusak berat, ringan dan sedang,” katanya.

Saat disinggung soal fasilitas umum yang ikut mengalami kerusakan, Latif mengaku masih dalam proses pendataan oleh tim.

“Belum semuanya diidentifikasi nanti kalau sudah akan kami sampaikanm,” ujarnya.

Baca Juga :   Gempa Besar di Laut Banda, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Maluku Tengah pada pukul Pukul 13.43 WIT.

Gempa tersebut ikut menyebabkan terjadinya tsunami setinggi 0,5 meter di wilayah tersebut. Gempa juga menyebabkan rumah-rumah warga di Kecamatan Tehoru mengalami kerusakan.

Selain itu sebuah masjid dan sebuah gereja di Desa Saunalu juga mengalami kerusakan ringan. Termasuk sebuah sekolah di Tehoru.

Gempa juga menyebabkan terjadi patahan di sepanjang pantai dusun Mahu, Desa Tehoru dan merusak talud penahan gelombang sepanjang 300 meter di desa tersebut.

Pascagempa, ribuan warga di wilayah itu termasuk sejumlah warga di Masohi, ibu kota Maluku tengah juga memilih mengungsi ke tempat ketinggian. (KPL).

Baca Juga :   Gempa Magnitudo 6.1, Warga Bikin Media Jejaring Pantau Kondisi Lapangan

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait