Gempa 5,9 Guncnag MBD, Warga Diminta Tak Panik

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 5,7 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis (24/6/2021).

Berdasarkan data yang diterima kampiun.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, gempa terjadi pada Pukul 11.24 WIT.

Gempa tersebut tersebut berada pada 6,04 Lintang Selatan dan 128,34 Bujur Timur , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 242 km arah timur laut Kabupaten Maluku Barat Daya.

Dengan pusat gempa berada di laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah pada kedalaman 358 km.

Sejauh ini belum ada laporan resmi terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami sehingga warga tidak perlu panik.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” kata Kepala Stasiun Gefisika Ambon, Azhar dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id, Kamis.

Ia pun mnegimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu dia juga mengimbau warga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Kepulauan Banda, Maluku Tengah
Gempa 5,9 Guncnag MBD, Warga Diminta Tak Panik

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait