Gempa 5,4 Magnitudo Guncang SBB, Maluku Warga Panik Berhamburan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Kamis (24/6/2021).

Gempa yang terjadi pada Pukul 11.42 WIT itu membuat warga panik hingga berhamburan keluar dari rumah-rumah mereka.

Kuatnya getaran gempa juga membuat pegawai di kantor Bupati Seram Bagian Barat berlarian keluar kantor untuk menyelamatkan diri.

“Kuat sekali gempa di sini, semua orang lari keluar dari rumah,” kata Latif salah satu warga di Piru, Seram Bagian Barat kepada kampiun.co.id saat dihubungi dari Ambon, Kamis.

Ia mengatakan selain getarannya yang sangat kuat, gempa tersebut juga cukup lama dirasakan di wilayah tersebut.

“Ada sekitar 4-5 detik getarannya, pokoknya paling kuat sekali,” ujarnya.

Salah satu pegawai di Pemkab Seram Bagian Barat, Fandi Pellu mengaku gempa tersebut sangat kiat dirasakan hingga membuat mereka terpaksa berhamburan keluar kantor.

“Semua lari keluar dari dalam kantor karena gempanya kuat sekali,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Gempa di Seram Bagian Barat ini hanya terjadi berselang 18 menit setelah gempa 5,9 magnitudo terjadi di laut Banda, Maluku Tengah.

Baca Juga :   Gempa Bumi yang Getarkan Masohi Dipicu Aktifitas Sesar Lokal

Sejauh ini belum ada laporan akibat gempa yang terjadi di Seram Bagian Barat tersebut.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon gempa 5,4 magnitudo yang mengguncang Seram Bagian Barat itu berada pada lokasi 2,54 Lintang Selatan dan 127,48 Bujur Timur atau berjarak 91 km timur Laut Namlea dan 98 km barat laut Piru, Seram Bagian Barat.

meski pusat gempa berada lebih dekat dengan Namlea, Kabupaten Buru, namun warga di Namlea tidak merasakan getaran gempa tersebut.

“Kita disini tidak merasakan gempa sama sekali,” kata Iwan salah satu warga Namlea saat dihubungi dari Ambon.

Baca Juga :   Busur Banda Jadi Penyebab Gempa Besar di MBD

Selain di rasakan di Seram Bagian Barat, gempa tersebut juga ikut dirasakan di sebagian Pulau Ambon dengan skala II hingga III MMI. (KPL)

 

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait