Gempa 5,4 Magnitudo di SBB tak Timbulkan Kerusakan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku memastikan tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa 5,4 magnitudo yang mengguncang wilayah tersebut, Kamis (24/6/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Seram Bagian Baratm Ongky Payapo mengatakan hingga sore ini pihaknya belum mendapat laporan adanya kerusakan rumah warga atau fasilitas umum setelah gempa tersebut terjadi.

“Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan baik pada rumah warga maupun fasilitas umum, jadi tidak ada kerusakan,” kata Payapo saat dikonfirmasi via telepon seluler, Kamis.

Dia mengaku pasca-gempa, pihaknya juga telah melakukan pemantauan di Kota Piru, Seram Bagian Barat namun tidak ada kerusakan yang terjadi.

“Pemantauan juga sudah dilakukan tapi tidak ada yang rusak,” katanya.

Kepala BPBD Maluku, Henri Farfar yang dihubungi secara terpisah juga mengaku sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa 5,4 di Seram bagian Barat.

“Kita juga tidak mendat laporan adanya kerusakan akibat gempa tadi siang di sana, termasuk gempa 5,9 di Laut Banda itu,” ujarnya via telepon seluler.

Baca Juga :   Busur Banda Jadi Penyebab Gempa Besar di MBD

Ia berharap dua gempa besar yang terjadi di Laut Banda dan Seram Bagian Barat itu tidak menimbulkan kerusakan.“Laporan sampai saat ini belum kita terima dan kita berharap agar tidak ada kerusakan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa 5,4 magnitudo mengguncang kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku pada Kamis (24/6/2021) siang.

Gempa tersebut membuat warga di wilayah itu berhamburan keluar dari rumah-rumah mereka. Tak hanya warga,  para pegawai di Pemkab Seram Bagian Barat juga ikut berhamburan keluar ke lokasi terbuka setelah gempa tersebut terjadi.

Gempa 5,4 magnitudo yang mengguncang Seram Bagian Barat itu berada pada lokasi 2,54 Lintang Selatan dan 127,48 Bujur Timur atau berjarak 91 km timur Laut Namlea dan 98 km barat laut Piru, Seram Bagian Barat.

Baca Juga :   Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Tanimbar, tak Berpotensi Tsunami

Selain di rasakan getarannya di Seram Bagian Barat, gempa tersebut juga ikut dirasakan di sebagian Pulau Ambon dengan skala II hingga III MMI.(KPL)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait