Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Kepulauan Aru

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gempa tektonik berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Senin (7/6/2021).

Data yang diterima Kampiun.co,id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon menyebut, gempa yang terjadi pada Pukul 14.15 WIT itu berada pada lokasi 4,72 Lintang Selatan dan 133.78 Bujur Timur.

Adapun pusat gempa berjarak 126 km baratlaut Dobo, Kepulauan Aru dan 154 km timur laut Kota Tual dengan pusat kedalaman gempa berjarak 59 km dibawah permukaan laut.

BMKG sendiri memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga tidak perlu panik.

Sejumlah warga yang dikonfirmasi terkait gempa tersebut mengaku tidak merasakan getaran adanya gempa tersebut.

“Kita di sini tidak merasakan apa-apa, biasa-biasa saja,” kata Jacobus salah seorang warga Dobo, Kepulauan Aru saat dihubungi dari Ambon, Senin.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Aru Hendrik Ngutra yang dihubungi secara terpisah mengatakan gempa tersebut tidak dirasakan getarannya dan juga tidak menimbulkan dampak kerusakan apapun.

“Ini kita lagi di kantor, tidak ada apa-apa kita tidak merasakan gempa, kalau pun dirasakan pasti sudah keluar semua ke jalan. Jadi aman saja di sini tidaka da kerusakan apapun,”katanya.

Baca Juga :   Gempa 4,6 Magnitudo Guncang MBD, tak Berpotensi Tsunami

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik.

Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KPL)

Baca Juga :   Gempa Bumi Getarkan Kairatu, Warga: Kita Sudah Terbiasa Digoyang Gempa

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait