Gempa 5,0 Magnitudo Guncang SBT, BMKG Pastikan tak Berpotensi Tsunami

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CI.ID-Gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Sabtu (12/6/2021).

Berdasarkan data yang diterima kampiun.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, pusat gempa berpada pada koordinat 3,67 Lintang Selatan dan 131,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah tenggara, Seram Bagian Timur, pada kedalaman 26 km.

Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno gempa yang terjadi pada Pukul 20.20 WIT itu ikut dirasakan getarannya oleh warga di SBT dengan skala II MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id, Sabtu malam.

Meski dirasakan getarannya oleh warga namun ia memasikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga warga harus tetap tenang,” katanya.

Bambang pun mengimbau warga di wilayah itu agar tetap tenang dan tidak mempercayai isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga :   Gempa 4,8 Magnitudo di Maluku Tengah tak Berdampak Kerusakan

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik.

Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 5,4 Magnitudo di SBB tak Timbulkan Kerusakan

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait