Gempa 5,0 Magnitudo di SBT Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Palung Seram

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab terjadinya gempa tektonik berkekuatan 5,0 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku pada Sabtu malam (12/6/2021).

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan gempa yang terjadi di SBT itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Palung Seram atau Seram Trough.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di Palung Seram,” kata Bambang dalam keternagan tertulis yang diterima Kampiun.co.id, Sabtu malam.

Gempa yang terjadi di SBT itu berlokasi pada titik koordinat 3,67 Lintang Selatan dan 131,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah tenggara, Seram Bagian Timur, pada kedalaman 26 km.

Menurut Bambang berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike-slip fault.

“Gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar atau strike-slip fault,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, gempa 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten SBT Sabtu (12/6/2021) malam sekira Pukul 20.20 WIT.

Gempa tersebut ikut dirasakan getarannya oleh warga di wilayah itu dengan skala II MMI.

Baca Juga :   Gempa 5,9 Guncnag MBD, Warga Diminta Tak Panik

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (KPL)

Baca Juga :   Dalam Sepkan 39 Gempa Guncang Wilayah Maluku
Gempa 5,0 Magnitudo di SBT Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Palung Seram

Berita Terkini

Pertamina Resmikan SPBU Kompak BBM Satu Harga di Kampung Baad Merauke

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebagai upaya untuk memberikan kemudahan akses masyarakat Kampung lokal Papua dalam mendapatkan energi yang berkualitas, PT Pertamina (Persero) dan...

Berita Terkait