Butuh Investasi Senilai Rp Triliun untuk Pembangunan ‘New Port’ Ambon

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pemerintah berencana membangun Pelabuhan New Ambon sebagai penghubung antara Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dan Pelauhan Perikanan Nusantara Ambon.

Pelabuhan New Ambon ini telah diusulkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadadi menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Tahun 2020-2024.

“Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan akan bersinergi membangun Pelabuhan New Ambon, terintegrasi,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Perekonomian Wahyu Utomo dalam siaran pers yang dikutip Kampiun.co.id dari Kompas.com, Selasa (15/06/2021).

Pembangunan Pelabuhan New Ambon dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan prakarsa dari Pemerintah.

Wahyu menjelaskan, usulan lokasi Pelabuhan New Ambon telah dikerucutkan dan diarahkan pada lokasi di samping pelabuhan milik PT ASDP Ferry Indonesia di Waai, Kabupaten Maluku Tengah.

Kondisi topografi dan ketersediaan lahan dinilai paling layak dari segi teknis dengan elevasi lahan tertinggi 37 meter dengan opsi cut and fill atau dengan perpanjangan trestle.

Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Pembangunan pelabuhan tahap I pada lokasi tersebut diestimasikan membutuhkan investasi sebesar Rp 2,214 triliun dengan pembangunan infrastruktur dasar melalui APBN sebesar Rp 1,207 triliun.

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

Pelabuhan ini dapat dikembangkan hingga tahap ultimate dengan biaya sebesar Rp 4,057 triliun. Konsep pengembangan pelabuhan terintegrasi mencakup terminal petikemas internasional dan domestik, terminal roro, pelabuhan perikanan dan tempat pengolahan (TPI), kawasan industri dan logistik, terminal LNG dan power plant.

Kebutuhan yang diperlukan untuk pengembangan, antara lain penetapan lokasi lahan pelabuhan terintegrasi dengan kawasan industri seluas 200 hektar yang mencakup lahan kepelabuhanan 50 hektar, lahan kawasan industri 150 hektar.

Baca Juga :   Ambon New Port Segera Dibangun, Jokowi: Targetnya 2 Tahun Rampung

“Tahap awal pembangunan pelabuhan adalah seluas 100 hektar dengan panjang dermaga 400 meter, serta pengadaan lahan oleh LMAN,” imbuh Wahyu.

Usulan pembangunan Pelabuhan New Ambon masih menunggu kesiapan Penetapan Lokasi. Kelengkapan dokumen usulan yang telah dilakukan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan diharapkan dapat mendukung percepatan usulan Pelabuhan New Ambon menjadi PSN.

Sebelumnya pada Maret 2021, Presiden Joko Widodo meminta untuk segera dilakukan pembangunan Pelabuhan New Ambon yang akan mengintegrasikan pelabuhan laut dengan pelabuhan perikanan. Menindaklanjuti hal itu, Menteri Perhubungan pun juga telah mengusulkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian agar Pelabuhan New Ambon dijadikan sebagai PSN Tahun 2020-2024.

Sumber: Kompas.com

Butuh Investasi Senilai Rp Triliun untuk Pembangunan 'New Port' Ambon

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait