Buka Workshop APEKSI di Ambon, Walikota Gorontalo Minta Daerah Tetap Inovasi Dalam Pembangunan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Workshop Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Wilayah VI berlangsung di Kota Ambon, Kamis (10/6/2021).

Mewakili Dewan Pimpinan Pusat APEKSI, Marten Taha berharap, meski di masa pandemi, tiap-tiap daerah, khususnya Ambon agar tidak lengah dan tetap berinovasi.

Dia mengatakan, dalam situasi pandemi saat ini pengelolan anggaran sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembangunan, dan kebijakan-kebijakan baik di daerah maupun Nasional.

Dengan adanya refocusing atau pemangkasan anggaran terhadap APBD menimbulkan hal-hal yang mengakibatkan daerah tidak dapat melaksanakan program yang telah di canangkan.

“Banyak pimpinan-pimpinan daerah yang melakukan revisi anggaran Rancangan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)-nya, karena kita memang tidak bisa lagi melaksanakan dan memaksakan, pasalnya keterbatasan anggaran, apalagi sekarang adanya sistem baru yang dilakukan pada tahun anggaran 2021 ini,” ungkapnya dalam sambutan, di Gedung Resto Sarih Gurih, Kamis malam (10/6/2021).

Dia katakan, pelaksanaan workshop pengelolaan anggaran pemulihan pasca pandemi oleh APEKSI Wilayah VI ini, diharapkan melahirkan solusi-solusi yang bisa ditawarkan, terutama ada inovasi bagaimana kendala dan tantangan yang ada dalam pengelolaan anggaran di tengah covid-19.

Baca Juga :   2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

“Di masa pandemi ini anggaran kita dipangkas, kemudian banyak program kita yang tidak bisa jalan, sementara situasi ekonomi kita sangat terpuruk. Bahkan pada tahun 2020 itu hanya tiga provinsi yang tumbuh positif, yakni Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Ketua Umum I Bidang Pemerintahan dan Otonom APEKSI Pusat sekaligus Walikota Gorontalo ini menjelaskan, ada kebijakan pemerintah, dimana daerah-daerah diberi ruang untuk bisa mengakses permodalan atau sumber pembiayaan berupa peminjaman daerah untuk pemulihan ekonomi Nasional, salah satu contohnya di Provinsi Gorontalo.

“Banyak sekali wilayah Timur Indonesia ini salah satunya di Gorontalo baik Provinsi Maupun Kabupaten Kota, dalam rangka pemulihan ekonomi kita diberikan dana untuk bisa menggerakan perekonomian yaitu pinjaman daerah dengan tanpa bunga 0%,” tegasnya.

Baca Juga :   Kasus Melandai tapi Sekolah Tatap Muka Belum Diizinkan di Ambon, Begini Kata Wali Kota

Sementara Walikota Ambon Richart Louhanapessy dalam sambutannya, memberi atensi atas terselenggaranya kegiatan ini, meskipin ditengah kondisi Covid-19 namun pelaksanaan workshop pemulihan anggaran pasca pandemi ini tetap berjalan baik dan aman.

“Saya bersyukur karena kegiatan ini bisa berjalan di Kota Ambon. Meski di masa pandemi kita berharap pemulihan anggaran berjalan dengan baik,” katanya singkat. (KCL)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait