BPBD Ambon Imbau Masyarakat Antisipasi Puncak Musim Hujan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Mengantisipasi potensi hujan, banjir dan longsor di bulan Juni hingga Juli 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

Himbauan ini disampaikan Sekretaris BPBD Kota Ambon Eva Tuhumuri kepada wartawan, Kamis (17/6/2021). Dia mengatakan, puncak musim penghujan tahun ini bakal terjadi di Juni dan Juli.

“Seperti yang kita ketahui, musim penghujan di Kota Ambon, mulai April hingga September. Jadi April sampai September adalah puncak penghujannya, karena itu warga harus waspada,” imbaunya.

Dia meminta, masyarakat yang hidup di pegunungan dan pinggiran sungai bisa memperhatikan kondisi sekitar, seperti melihat warna air.

“Kalau memang airnya sudah terlihat sangat keruh, lakukanlah antisipasi untuk mengurangi resiko banjir,” katanya mengingatkan.

Begitu pun sebaliknya, bagi masyarakat yang tinggalnya di daerah lereng, pegunungan atau perbukitan yang beresiko bencana longsor, juga harus melakukan antisipasi dini.

“Antisipasi dini agar terhindar dari hal tidak diinginkan seperti korban jiwa dan lain-lain,” ajaknya.

Prinsipnya, lanjut dia, jika melihat kondisi alam yang membahayakan, segera antisipasi dan kalau membutuhkan pertolongan dari BPBD Kota Ambon, segera dilaporkan.

Menurut dia, BPBD Kota Ambon selalu memberi informasi peringatan dini, yang disampaikan oleh BMKG melalui rilis sms, dan media sosial lainnya. (GUS)

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait