BKPRMI Maluku Siap Gelar FASI 2021

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Maluku memastikan, pada Agustus bulan depan, akan menggelar Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) 2021.

FASI sendiri adalah pagelaran lomba kreativitas anak-anak muslim berprestasi. Baik Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan Santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA).

Ketua Panitia FASI Saddam Tubaka mengatakan, kegiatan bertemakan Kemilau Generasi Islami di Bumi Maluku ini akan digelar pada 07-10 Agustus 2021.

“Panitia sudah tahap finising. Terdapat 13 mata lomba untuk tiga kategori. Saat ini, panitia tengah menjaring dukungan guna menyukseskan kegiatan perdana di Maluku ini,” ungkapnya kepada Kampiun.co.id, Rabu (9/6/2021).

Perihal festival, dia mericikan, untuk TKA terdapat tujuh mata lomba dengan klasifikasi usia maksimal 7 tahun per tanggal 1 Juli 2021.

“Mata lombanya berupa, golongan tartil qur’an putra-putri, Nasyid Islami, Peragaan Sholat, Cerdas cermat Al-Qur’an, Lomba mewarnai gambar, dan Ceramah Islami,” detailnya.

Sementara untu TPA, lanjut Tubaka, terdapat enam mata lomba dengan spesifikasi umur 12 tahun per tanggal 1 Juli 2021. Terdiri dari Tartil Al-Qur’an, Adzan dan Iqomah, Nasyid Islamic, Cerdas cermat Al-Qur’an, lomba menggambar, dan ceramah islamic.

Baca Juga :   Galang Dana Kemanusiaan, BKPRMI Ajak Warga Maluku Sumbang Ambulans ke Palestina

“Sementara lomba tingkat Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA) dengan spefikasi umur 15 per tanggal 1 Juli 2021. Mata lombanya berupa, Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Juz Amma, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Kisah Islamic, Kaligrafi dan Ceramah Islami,” jelasnya.

Olehnya, dia mengajak masyarakat terutama para orang tua dan guru-guru di taman pengajian dapat mendaftarkan anak-anak mereka dalam event tersebut.

“Jadi untuk pendaftaran bisa langsung hubungi panitia di Sekretariat BKPRMI Maluku, atau tepatnya di Masjid Al-Fatah Ambon. Bisa juga via link yang disediakan. Sementara kabupaten/kota, bisa melalui DPD BKPRMI,” pungkasnya.

Baca Juga :   Galang Dana Kemanusiaan, BKPRMI Ajak Warga Maluku Sumbang Ambulans ke Palestina

Ketua BKPRMI Provinsi Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar mengaku, di Agustus itu memang pihaknya akan menggelar FASI. FASI ini akan menjadi media untuk memperkokoh silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah.

Selain itu, sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, sekaligus mengevaluasi kualitas anak-anak di seluruh Maluku.

“Jadi akan menjadi wadah untuk mengevaluasi kualitas anak-anak di Maluku, yang nantinya menjadi umpan balik perbaikan kurikulum, termasuk proses pembelajaran di lembaganya masing-masing,” katanya.

Sipahutar mengakui, festival tersebut digawangi BKPRMI Maluku dan merupakan agenda program bidang LPPTKA.

“FASI akan memfokuskan anak-anak TKA, TPA dan TQA  dan umum pada baca tulis Al-Quran dan pemahaman ad-diinul islam,” tegas Sipahutar. (DBA)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait