Air Laut Memerah, Ratusan Ikan Bubara Mati Keracunan di Keramba

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Ratusan ekor ikan bubara ditemukan mati di sebuah keramba nelayan di pantai Kampung Kolam, Desa Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Ambon.

Kuat dugaan ratusan ekor ikan milik nelayan itu mati karena terpapar limbah dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Hative Kecil.

Alfred Albert Pattiwailapia, nelayan pemilik keramba mengaku sebelum ikan-ikan miliknya mati, air laut di kawasan itu sempat berubah warnah merah kecokelatan. Tak hanya itu, air di dalam keramba miliknya juga terlihat berbusa.

“Dugaan kita keracunan limbah, karena beberapa hari sebelum ikan-ikan saya mati air luat di dekat keramba berubah merah kecokelatan. Air laut di dalam kerambah juga berbusa,” kata Alfred via pesan instan, Kamis.

Ia menuturkan ratusan ekor ikan bubara yang mati di kermba itu baru berusia sekitar tiga bulan. Ikan peliharannya itu mulai mati mendadak sejak Senin (7/6/2021) lalu.

“Pertama itu puluhan ekor yang mati, lalau besoknya hari selasa ratusan ekor mati lagi. Semuanya ada sekitar 400 ekor,” ujarnya.

Alfred menduga ikan-ikannya itu mati terpapar limbah dari PLTD Hative Kecil karena jarak keramba tempat ikan dipelihara dengan pipa pembungan limbah PLTD hanya berjarak 100 meter. Setelah kejadian itu, dia langsung mengadu ke pihak PLTD.

Baca Juga :   Ular 'Patola' Teror Warga Tanah Rata, Pemilik Rumah Ketakutan hingga Pawang Didatangkan

“Lalu ada petugas yang dating untuk mengambil sampel air di keramba untuk diuji coba di laboratorium,” ujarnya.

Sayangnya kata Alfred, salah petugas PLN yang mendatanginya mengaku kejadian itu tidak ada kaitannya dengan pencemaran air akibat pembungan limbah dari PLN.

Menurut Alfred saat ini ia masih menunggu hasil uji sampel air laut dari laboratorium.

“Ada petugas bilang tidak ada kaitan dengan limbah pembungan, tapi kenyataan air berubah da nada banyak busa di dalam keramba, tadi saya masih tunggu hasil lab,” ujarnya. (KPL)

Baca Juga :   Buka Workshop APEKSI di Ambon, Walikota Gorontalo Minta Daerah Tetap Inovasi Dalam Pembangunan
Air Laut Memerah, Ratusan Ikan Bubara Mati Keracunan di Keramba

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait