16 Kali Gempa Susulan Guncang Tehoru hingga Tengah Malam

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID –Gempa susulan masih terus terjadi di Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah pascakejadian gempa bumi 6,1 magnitudo yang mengguncnag wilayah tersebut, Rabu (16/6/2021).

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Kilomatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, Herlambang Hudha mengatakan hingga Rabu malam gempa susulan yang mengguncnag wilayah tersebut sudah sebanyak 16 kali.

“Sampai mala mini sudah terjadi 16 kali gempa susulan di Maluku Tengah,” kata Herlambang kepada kampiun.co.id saat dikonfirmasi via telepon seluler, Rabu malam.

Dari 16 gempa suuslan yang terjadi di wilayah itu, gempa dengan magnitudo 4,3 merupakan gempa susulan paling besar.

Menurut Herlambang belasan gempa susulan itu terjadi karena masih ada energi yang terus dikeluarkan dari dalam bumi setelah gempa utama terjadi.

“Secara teori itu kan gempa besar itu dia akan terus mengeluarkan energi gempa,” ujarnya.

Menurutnya selama masih ada energi gempa dan tekanan dari dalam bumi maka gempa suuslan masih akan terjadi.

“Karena masih ada tekanan jadi sampai posisi yang pas kembali jadi dia membutuhkan keseimbangan,” ungkapnya.

Gempa 6,1 magnitudo yang mengguncang wilayah Maluku Tengah diketahui merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal.

Baca Juga :   Gempa Bumi Getarkan Kairatu, Warga: Kita Sudah Terbiasa Digoyang Gempa

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi itu memiliki mekanisme pergerakan sesar turun atau Normal Fault.

Gempa yang dirasakan sangat kuat getarannya itu ikut merusak puluhan rumah warga di Kecamatan Tehoru. Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat masih terus melakukan pendataan rumah-rumah warga yang rusak.

Akibat gempa tersbeut, ribuan warga desa pesisir di Kecamatan Tehoru dan sekitarnya memilih mengungsi ke tempat aman di lokasi ketinggian. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 4,8 Magnitudo di Maluku Tengah tak Berdampak Kerusakan
16 Kali Gempa Susulan Guncang Tehoru hingga Tengah Malam

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait