150 Satwa Liar Kembali Hidup Bebas di Habitatnya di Hutan Aru

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 150 satwa endemik asal Maluku dilepasliarkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku ke habitatnya di hutan Kepulauan Aru.

Ratusan satwa liar yang dilepasliarkan ke habitatnya itu terdiri dari 103 satwa jenis reptile dan 47 satwa jenis unggas.

Kepala BKSDA Maluku Danny Pattipeilohy mengatakan pelepasliaran ratusan satwa yang dilindungi itu dilakukan pada Kamis (17/6/2021).

“Total satwa yang dilepasliarkan ada 150 okor terdiri dari 103 satwa jenis reptile dan 47 satwa jenis burung,” katanya kepada waratwan dalam keterangan tertulis yang diterima kampiun.co.id, Minggu (20/6/2021).

Ada pun satwa jenis unggas yang dilepasliarkan di Pulau Wokam meliputi tujuh nuri bayan (Eclectus roratus), 39 kakatua koki (Cacatua galerita), dan satu kakatua raja (Probosciger atterimus).

Sedangkan reptil yang dilepasliarkan meliputi 30 ular sanca hijau (Morelia viridis), dua ular sanca permata (Morelia amethistina), 64 biawak aru (Varanus beccarii), enam biawak maluku (Varanus indicus), dan satu kadal panama (Tiliqua gigas).

Dia mengatakan ratusan satwa liar yang dilepasliarkan ke habitatnya itu merupakan satwa liar yang ditemukan petugas saat patrol dan sebagian diserahkan masyarakat.

Baca Juga :   Akhir Tahun Pusat Rehabilitas Satwa di Passo Pindah ke Kebun Cengkeh

Sebelum dilepasliarkan, satwa-satwa tersebut menjalani proses karantina dan rehabilitasi di Kandang Transit Passi Kota Ambon dan Pusat Rehabilitasi Satwa (PRS) Masihulan di Pulau Seram.

Dia menjelaskan, hutan Pulau Wokam dipilih menjadi lokasi pelepasliaran karena kondisinya masih terjaga dan masyarakat yang tinggal di kawasan sekitarnya tidak biasa berburu satwa.

“Pelepasan ratusan satwa liar ke habitatnya ini merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan populasi satwa endemik sekaligus menjaga keseimbangan ekosistem,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   199 Ekor Burung Dilindungi Pulang Kampung ke Habitatnya di Pulau Seram

Berita Terkini

Pesan Mengharukan Briptu Elizer ke Istri Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Seorang Anggota Satlantas Polres Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Briptu EB (28) alias Elizer ditemukan tewas diduga bunuh...

Berita Terkait