Waspada! Gelombang Tinggi 4 Meter Ancam Perairan Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim  Ambon memperingatkan adanya potensi gelombang tinggi di peraiaran Maluku.

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim  Ambon memperkirakan gelombang setinggi  1,25 –  4 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Maluku hingga tiga hari ke depan.

Berdasarkan data yang diterima dari BMKG, gelombang  setinggi  4 meter berpotensi terjadi di perairan Tanimbar dan Laut Arafura bagian barat dan tengah Mulai Senin (3/5/2021) pukul 21.00 WIT hingga Rabu (5/5/2021) pukul 21.00 Wit.

Sedangkan gelombang sedang atau setinggi 1,25 – 2,50 meter, berpotensi terjadi di perairan  Selatan Seram, Laut Banda Utara bagian barat dan timur, Buru dan Ambon-Lease, perairan  Kepulauan Sermata-Letti, Babar, Kai, dan Aru.

BMKG  juga menghimbau agar warga  memperhatikan risiko keselamatan pelayaran dalam melakukan aktifitasnya. Karena selain gelombang  diatas 1,25 meter, kecepatan   angin  diprediksi lebih dari 15 knot.

Demikian juga  untuk Kapal Tongkang,  kecepatan angin berpotensi mencapai lebih dari 16 knot dengan tinggi gelombang 1.5 meter.

Terkiat peringatan dini dari BMKG itu, Kepala Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henry Far Far mengimbau para nelayan tradisional dan pengguna jasa transportasi laut agar sebaiknya waspada dengan kondisi cuaca laut tersebut.

Baca Juga :   Datang di Ambon, Presiden Jokowi Disambut Demo Mahasiswa

Henry juga mengingatkan bagi Kapal Ferry dan kapal tradisional yang beroperasi di peraiaran laut Maluku untuk mewaspadai   kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Selain pengguna transportasi laut, ia juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktifitas di pesisir  pantai yang berpotensi gelombang tinggi agar selalu waspada.

“Kepada masyarakat yang tinggi di pesisir pantai juga harus wasapda dengan gelombang tinggi,” ujarnya. (KPL)

Baca Juga :   Dikira Bangkai Hewan Ternyata Jasad Wanita Tanpa Busana, Danu dan Faisal Langsung Kabur
Waspada! Gelombang Tinggi 4 Meter Ancam Perairan Maluku

Berita Terkini

Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon, Provinsi Maluku kembali keluar dari zona merah atau risiko penyebaran Covid-19.Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi...

Berita Terkait