Warga Muslim di Pulau Buano dan 3 Desa di Ambalau Sudah Gelar Lebaran

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pemerintah resmi menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Keputusan itu diumumkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas usai menghadiri sidang Isbat di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Adapun berdasarkan penghitungan hisab oleh Kementrian Agama 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Meski berdasarkan putusan pemerintah Hari Raya Idul Fitri ditetapkan pada 13 Mei 2021, namun di Maluku sejumlah desa muslim telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada Selasa (11/5/2021) hari ini.

Sejumlah desa yang telah menggelar Shalat Id dan merayakan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah itu yakni desa Boano di Kabupaten Seram Bagian Barat dan tiga desa di Kecamatan Ambalau, Kabupaten Buru Selatan.

“Warga muslim di Pulau Boano sudah rayakan Idul Fitri tadi,” kata salah satu tokoh masyarakat Boano, Bakri Nanilette kepada Kampiun.co.id via telepon seluler, Selasa malam.

Ia mengatakan penetapan 1 Syawal di Buano dilakukan lebih awal berdasarkan hitungan penanggalan tua yang ada di desa tersebut.

Menurutnya penetuan 1 Ramadhan dan juga 1 Syawal di Buano berdasarkan penghitungan penanggalan tua telah berlangsung secara turun temurun di desa tersebut.

Baca Juga :   Lagi Asyik Main Judi, Kadispora dan Anggota Polisi Digrebek, Kini Nginap di Polres MBD

“Perhitungan awal puasa dan lebaran di sini dilakukan berdasarkan penanggalan tua yang ada di sini jadi ada yang khusus menentukan hal ini, itu sudah ada sejak turun temurun,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Ambalau, Muhamad Loilatu yang dihubungi Kampiun.co.id secara terpisah juga mengakui bahwa warga tiga desa di kecamatan tersebut telah merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Di sini ada tiga desa yang sudah lebaran tadi,” katanya.

Ia mengatakan ketiga desa yang telah menggelar Shalat Id dan merayakan lebaran Idul Fitri di kecamatan Ambalau itu yakni desa Masawoy, Ulima dan Desa Kampung Baru.

Baca Juga :   Terjaring di Penginapan, 5 Pasangan Mesum Bikin Surat Pernyataan 'Tobat' di Polda Maluku

“Kalau empat desa Rabu besok baru lebaran,” ujarnya. (KPL)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait