Tarif Parkir Baru Resmi Diberlakukan, Wali Kota: Ada yang Keberatan Itu Biasa

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pemerintah Kota Ambon resmi memberlakukan tarif parkir progrsif  di sejumlah kawasan strategis di Kota Ambon terhitung mulai, Senin hari ini (24/5/2021).

Kebijakan menaikkan tarif parkir oleh Pemerintah Kota Ambon dilakukan berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2021, tentang Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum.

Berdasarkan Perwali tersebut, tarif parkir progresif yang diterapkan di zona strategis meliputi kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, roda enam dan kendaraan yang memiliki lebih dari enam roda.

Untuk kendaraan roda empat, tariff yang diberlakukan untuk jam pertama sebesar Rp 4.000, kemudian akan naik Rp 2.000 setiap satu jam berikutnya, roda enam Rp 6.000 di jam pertama, kemudian naik Rp 3.000 pada jam berikutnya, dan untuk roda lebih dari enam dikenakan tarif Rp 10.000 di jam pertama, kemudian naik Rp 5.000 untuk jam di jam berikutnya.

Adapun untuk tarif parkir kendaraan roda dua naik dari Rp 2.000 per jam menjadi Rp 3.000 per jam dan roda tiga naik menjadi Rp 4.000 untuk sekali parkir.

Baca Juga :   Pemkot Naikkan Tarif Parkir, Warga: Kita Lagi Susah Jangan Bikin Tambah Susah

Pemberlakukan tarif parkir progresif ini dilakukan lima kawasan yang masuk dalam kategori zona strategis yakni di Jalan AY Patty, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Said Perintah, Jalan Diponegoro dan Jalan AM Sangadji.

Selain di zona strategis, kenaikan tarif parkir juga diberlakukan pemerintah Kota Ambon di sejumlah jalan yang biasanya dijadikan tempat parkir. Tercatat ada 30 titik kawasan parkir yang mengalami kenaikan tarif.

Adapun kenaikan tarif parkir di luar zona strategis meliputi kendaraan roda empat dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000, roda enam Rp 8.000, roda lebih dari enam Rp 10.000 dan untuk roda dua dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000 sekali parkir. Untuk di kawasan non strategis tidak diberlakukan tarif sesuai jam.

Baca Juga :   Parkiran Sepi Pengunjung, Jukir di Jalan AY Patty Meringis

Tak hanya itu pemkot Ambon juga memberlakukan tarif parkir bulanan di kawasan strategis bagi warga dan para pengusaha. Khusus untuk tarif bulanan ini pembayarannya tidak dilakukan per hari namun setiap bulan dengan besarannya sendiri sesuai yang ditentukan.

“Tarif progreisf ada di lima ruas jalan yang potensial dan startegis mulai naik hari,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat menyampaikan sambutan dalam acara peringatan empat tahun kepemimpinnaya di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin.

Ia mengaku kebijakan yang diambil pemerintah Kota Ambon itu semata-mata untuk membangun Kota Ambon.

Menurutnya setiap kebijakan yang diambil pasti tidak akan memuaskan semua orang, meski begitu ia tetap yakin kebiajakan itu sudah sesuai.

“Tentu  ada yang keberatan  itu biasa suatu kebiajkan itu dia bulat tidak ada yang diterima semua sorang kalau di Negara otokrasi itu boleh tapi di Negara demokrasi tidak jadi itu biasa,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   Datang ke Ambon, Presiden Jokowi Hanya Ingin Pantau Vaksinasi Massal di RSUP
Tarif Parkir Baru Resmi Diberlakukan, Wali Kota: Ada yang Keberatan Itu Biasa

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait