Sepekan Dihantam Gelombang Tinggi, Talud di Desa Haya Kembali Rusak

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Talud penahan ombak di Desa Haya, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah rusak parah setelah dihantam gelombang tinggi.

Kerusakan talud penahan ombak di desa itu terjadi setelah gelombang tinggi menerjang pesisir pantai desa dalam sepekan terakhir.

Sardi Hatuluayo salah seorang warga setempat yang dikonfirmasi Kampiun.co.id mengaku gelombang tinggi menerjang pesisir pantai di desanya sejak sepekan terakhir hingga menghancurkan talud penahan ombak di pantai.

“Sudah sepekan terakhir ini gelombang besar telah menghantam pembatas ombak sampai rusak parah,” kata Sardi via pesan instan, Rabu (26/5/2021).

Dia menjelaskan talud penahan ombak yang ada di desanya telah diperbaiki sebanyak empat kali. Sebelum mengalami keruskaan saat ini, talud di desanya baru saja dipernaiki.

“Sebenarnya pembatas ombak ini sudah empat kali dalam tahapan renovasi, padahal belum lama ini pembatas ombak baru saja diperbaiki tapi rusak lagi,” ujarnya,

Terkait keruskaan parah pada talud pantai di desanya itu ia mengaku kontruksi bangun penahan ombak itu sudah sangat baik sesuai dengan standar bagunan rawan bencana alam.

Baca Juga :   Tim ESDM Segera ke Tamilow, Apa yang Akan Dilakukan?

“Cuma kurangnya tenaga pemecah ombak yang bisa dibuat, seperti cincin balok atau kubus beton yang bisa mengantisipasi ombak besar,”katanya.

Sejauh ini baik pemerintah kabupaten Maluku Tengah maupun instansi terkait lainnya belum meninjau kerusakan pada talud tersebut.

Ia berharap pihak berwenang segera memeprbaiki kerusakan talud yang rusak itu sebab gelombang tinggi
yang terus terjadi di wilayah itu sangat mengancam rumah-rumah penduduk yang ada di pesisir pantai.

“Harapan kami pemerintah bisa melihat masalah ini dan segera memperbaiki kerusakan talud ini,” katanya. (wan)

Baca Juga :   Hujan Lebat Melanda Wilayah Maluku dan 11 Daerah di Indonesia, BMKG: Waspada Angin Kencang Disertai Petir
Sepekan Dihantam Gelombang Tinggi, Talud di Desa Haya Kembali Rusak

Berita Terkini

Jamin Asis Hentihu Sebagai Bupati Buru, Gubernur Murad: Saya Bukan Tipe Orang yang Ngomong Pagi Lain Sore Lain

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan akan menjadikan Sekretaris DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku Asis Hentihu sebagai Bupati Kabupaten...

Berita Terkait