Sebarkan Foto Bugil 5 Wanita, Hermanus Dituntut  4 Tahun Penjara

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Hermanto Hermanus Groda, terdakwa penyebar foto dan video bugil sejumlah wanita dituntut jaksa penuntut umum selama empat tahun penjara dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (20/5/2021).

Pria asal Adonara, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi Maluku dinilai bersalah karena telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pasal 27 ayat (1) jo pasal 45 ayat (1) undang undang RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang undang RI nomor  11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Meminta majelis hakim untuk menghukum terdakwa selama empat tahun penjara,” kata jaksa penutnut umum Rozali Afifudin

Dalam sidang tersebut, Rozali menyatakan terdakwa terbukti bersalah karena telah menyebar foto dan video bugil lima wanita dengan maksud tertentu setelah terdawka berhasil menguasai akun facebook milik korban. Adapun kelima korban semuanya adalah warga Kota Ambon.

Awalnya foto dan video itu dikirim ke para korban. Saat itu terdakwa mengancam para korbannya untuk mengirim sejumlah uang yang diminta.

Namun karena tidak ditanggapi, terdakwa kemudian menyebar foto dan video itu kepada keluarga dan kerabat para korban  melalui facebook.

“Perbuatan terdakwa telah melanggar kesusilaan, beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai suatu perbuatan berlanjut yang melawan hukum,” kata Rozali.

Selain meminta hakim menghukum terdakwa selama enpat tahun penjara, jaksa penutnut umum juga meminta majelis hakim mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp.100.000.000 sebsider dua bulan kurungan.

Usai mendengar tuntutan jaksa, Hakim selanjutnya menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda putusan.

Terdawka sendiri diringkus petugas Ditreskrimsus Polda Maluku di Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 17 September 2020 lalu. Penangkapan tersangka berhasil dilakukan setelah polisi melacak jejak pelaku. (KPL)

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait