Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan Amankan Idul Fitri di Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sebanyak 4.000 aparat gabungan TNI Polri serta unsur lainnya dikerahkan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Maluku.

Persiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Maluku ini ditandai dengan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Siwalima Tahun 2021 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu sore (5/5/2021).

Apel gelar pasukan pengamanan lebaran Idul Fitri di Lapangan Merdeka Ambon itu dimpinpin langsung Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri.

Kapolda mengatakan khusus untuk aparat kepolisian  ada sebanyak 2.500 personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri di provinsi Maluku.

“Dari Polri saja jumlahnya 2.500 orang ditambah lagi nanti dengan dari Kodam dan dar mantra-mitra terkait sehingga jumlahnya sebanyak 4.000 orang,” kata Refdi kepada waratwan usai memimpin apel gelar pasukan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon.

Dia menjelaskan ribuan personel gabungan itu akan mulai disiagakan untuk pengamanan Idul Fitri terhitung mulai Kamis (6/5/2021) besok hingga 12 hari kedepan.

“Operasi Ketupat Siwalima akan kita laksanakan selama 12 hari mulai tanggal 6 besok,” ujarnya.

Baca Juga :   Dari Dalam Bui, Roby Kainama Kendalikan Peredaran Sabu di Maluku

Menurut Refdi, 4.000 pasukan gabungan itu akan dikerahkan di sejumlah titik mulai dari pusat keramaian seperti tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan, rumah-rumah ibadah, pelabuhan, bandara hingga pengamanan malam takbiran.

“Kemudian pada malam takbiran, kami telah mengimbau dan lakukan komunikasi dengan MUI bahwa sebaiknya untuk takbiran dilakukan di masjid-masjid,” ujarnya.

Refdi menambahkan  saat malam Idull Fitri nanti pihaknya juga akan fokus untuk memberikan rasa aman kepada maysarakat, karena itu pihaknya akan menertibkan warga yang kedapatan meminum minuman keras, termasuk juga warga yang berkonvoi dan tidak taat aturan berlalu lintas.

“Minuman keras tidak boleh, knalpot racing tidak boleh, termasuk konvoi di jalan sampai subuh tidak boleh,” ujarnya.

Baca Juga :   Jual Senjata ke Teroris di Papua, 2 Oknum Polisi Dihukum 7 Tahun Penjara

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri di Lapangan Merdeka juga ikut dihadiri Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Rahawarin, Sekda Maluku, Kasrul Selang, Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, Komandan Korem 151 Binaya, Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw serta para pejabat TNI Polri lainnya.  (KPL)

Ribuan Aparat Gabungan Dikerahkan Amankan Idul Fitri di Maluku

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait