Prajurit Kodim Sula Bantu Evakuasi Korban Kapal Terbakar

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN-Prajurit TNI dari Kodim 1510 Sula ikut membantu proses evakuasi ratusan penumpang KM Karya Indah yang terjebak dalam musibah kebakaran di atas kapal tersebut, Sabtu (29/5/2021).

Kapal nahas ini terbakar sekira Pukul 07.03 WIT di peraiaran Pulau Lifamatola Kepulauan Sula setelah bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Maluku Utara. Saat kebakaran terjadi sebanyak 181 penumpang berada di atas kapal.

“Proses evakuasi terhadap 20 Anak Buah Kapal (ABK) dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat”, ujar Dandim 1510 Sula Letkol Inf Tri Yudianto dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id Sabtu (29/5/2021) .

Dandim menuturkan proses evakuasi terhadap ratusan penumpang kapal itu dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP ) bersama dengan Basarnas dan BPBD Kepulauan Sula dibantu oleh personel TNI-Polri.

Adapun dalam proses evakuasi tersebut KSOP menurunkan kapal patroli dibantu dengan kapal-kapal di sekitar pelabuhan.

“Evakuasi dilakukan bersama dengan Basarnas, dengan menggunakan kapal fungkang, body viber, speedboat milik Pemda Sula, KPLP, dan Basarnas dibantu sama kapal-kapal nelayan yang lain di sekitar Pelabuhan Sanana,” ujarnya.

Baca Juga :   25 ABK KM Hentri yang Hilang di Laut Maluku Diduga Telah Meninggal Dunia

Dandim mengungkapkan selaku pimpinan ia sangat memuji dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para personelnya yang ikut terlibat dalam operasi kemanusiaan untuk menolong ratusan penumpang kapal tersebut.

“Untuk itu saya selaku Dandim 1510 Sula memberikan apresiasi atas aksi tersebut, inilah yang selalu kita harapkan karena TNI ada untuk membantu Rakyat khususnya di wilayah binaannya,” tuturnya

Dandim pada kesempatan ini juga menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dengan cuaca buruk yang terjadi di wilayah tersebut.

“Dengan kejadian seperti ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk selalu berhati-hati dalam melakukan kegiatan apapun, apalagi akhir-akhir ini cuaca tidak bersahabat”, pungkasnya. (KCM)

Baca Juga :   Kapolres Ungkap Penyebab Kebakaran Speedboat di Bula, Kerugian Mencapai Rp 250 Juta

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait