Penjualan Ikan Tuna Maluku Gunakan Tipe Direct Exporting, Langsung ke Pelanggan Luar Negeri

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Maluku, Elvis Pattiselano menjelaskan, tipe ekspor ikan tuna ke mancanegara yang saat ini dipakai ialah Direct Exporting (Ekspor langsung).

Hal itu disampaikan dalam rapat evaluasi ekspor tuna bersama Tim Gubernur Percepatan untuk Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku dengan PT Garuda Indonesia yang berlangsung di lantai II ruang rapat Kantor Gubernur Maluku, Jumat (7/5/2021).

Kata Elvis tujuan dari sistem ekpor langsung ini untuk memperluas bisnis tuna Maluku secara internasional.

Tahapannya, kata dia mulai dari penjualan ke pelanggan, baik distributor maupun pemakai akhir yang berada di luar negara.

” Tipenya, Direct Exporting yang saat ini kita jalani, artinya semua dokumen ekspornya di Maluku. Tidak ada yang tercatat dari luar Maluku. Jadi mau rute Ambon – Makassar – Jakarta – Narita Jepang, tetap tercatat di Maluku. Begitu pula rute Ambon – Manado – Narita, tetap tercatat sebagai devisa ekspor Maluku,” katanya.

Kata Elvis, dengan adanya Garuda Cargo khusus, ekspor Maluku pada triwulan/kuartal pertama tahun ini cukup signifigikan. Januari hingga April 2021, tercatat ekspor tuna Maluku mencapai 8,9 juta USD.

” Kuartal pertama Januari-Maret mencapai 4 sekian juta USD. Dan sekitar 3 sekian juta USD di bulan April. Kenaikannya cukup signifikan. Pasalnya, pada bulan Apil, PT. Peduli Laut Maluku melakukan kontrak dengan Garuda selama sebulan, dan setiap hari Rabu dikirim, sekitar 13 sampai 16 ton,” jelasnya.

Meski begitu, sambung dia, stok ikan tuna tidak selalu tersedia. Pergantian musim atau bulan diyakini memberikan perbedaan terhadap jumlah tangkapan yang tentunya berdampak pada ketersediaan jumlah stok.

“Masuk Juni mulai turun hingga beberapa bulan kedepan. Nanti bulan September akhir dan setelahnya tuna ada lagi,” ungkapnya. (K-B/H)

Penjualan Ikan Tuna Maluku Gunakan Tipe Direct Exporting, Langsung ke Pelanggan Luar Negeri

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait