Pasar Tehoru Tidak Bisa Difungsikan, Diduga Anggarannya Diselewengkan

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID- Proyek pembangunan Pasar Tehoru yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, hingga kini tidak bisa difungsikan. Ironinya, bangun itu bukan melancarkan arus lalu lintas, malah sebaliknya memperpara.

Padahal bangunan pasar itu menelan anggaran sebesar Rp 3 milyar. Hingga 2021, proyek yang dikerjakan CV Bhineka Konstruksi tersebut belum juga terselesaikan.

Felmi Lamasano, Mahasiswa Tehoru mengungkap, akibat bangunan pasar yang terbengkalai membuat para pedagang tidak bisa berjualan dan memilih menjajakan dagangan mereka di badan jalan, hingga membuat macet di sepanjang Jl Lintas Seram.

“Lokasi bangunan Pasar Tehoru itu berada di persimpangan jalan Lintas Seram, makanya bisa mengancam keselamatan para pedagang karena menggunakan badan jalan untuk berdagang di situ,” katanya kepada Kampiun.co.id, Jumat (21/5/2021).

Menurutnya, ada tiga indikasi penyebab bangunan pasar tersebut tidak bisa difungsikan, yakni pihak perusahan belum membayar upah buruh, kemudian pembebasan lahan dan ganti rugi perumahan yang digusur akibat pembangunan pasar.

“Ini alasan subtansialnya. Kami menduga anggarannya salah digunakan sehingga tidak bisa difungsikan,” Lamasano menduga.

Baca Juga :   Bangunan Pasar Tehoru Jadi Kandang Ternak, DPRD Dinilai Tak Pro Rakyat

Selain bangunan pasar terdapat juga bangunan pengeringan. Sehingga itu dia meminta agar pihak perusahaan dan pemerintah segera menyelesaikan persoalan tersebut.

Dia juga meminta tanggungjawab dari Kepala Kecamatan Tehoru, Abdullatif Key selaku perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah.

“Harapan dari masyarakat agar persoalan ini bisa diselesaikan karena sudah 4 tahun belum teratasi. Kepala Kecamatan juga harus bertanggungjawab,” desaknya. (DBA)

Baca Juga :   Resmikan Pasar Gumumae, Ini Harapan Bupati Mukti Keliobas
Pasar Tehoru Tidak Bisa Difungsikan, Diduga Anggarannya Diselewengkan

Berita Terkini

Jamin Asis Hentihu Sebagai Bupati Buru, Gubernur Murad: Saya Bukan Tipe Orang yang Ngomong Pagi Lain Sore Lain

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan akan menjadikan Sekretaris DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku Asis Hentihu sebagai Bupati Kabupaten...

Berita Terkait