Nyaris tak Ada Lagi Buta Huruf di Kota Ambon

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan sejumlah capaian pemerintah Kota Ambon dalam empat tahun terakhir masa kepemimpinannya bersama wakilnya Syarif Hadler.

Richard memaparkan capaian pembangunan di empat tahun periode kepemimpinan bersama Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler diwujudkan melalui tujuh program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yakni Ambon Cerdas, Ambon Sehat, Ambon Sejahtera, Ambon Aman, Ambon Bersih, Ambon Terang dan Ambon Berbudaya.

Khusus untuk Ambon cerdas, Richard mengaku dari data yang ada hampir tidaka da lagi warga Kota Ambon yang buta huruf.

“Dari program Ambon Cerdas, bisa dilihat bahwa angka melek huruf pada tahun 2017 berada pada angka 88.83 persen. Di tahun 2020 naik menjadi 99.98 persen. Itu artinya hampir tidak ada orang yang buta huruf di kota ini,” ujar Richard saat menyampaikan sambutannya.

Ia juga mengungkapkan sebagian besar warga usia remaja di Kota Ambon merupakan lulusan SMA dan hanya sedikit yang putus sekolah.

Richard juga mengaku selama kepemipinannya  angka usia harapan hidup di Kota Ambon cukup tinggi, yakni pada tahun 2021 telah mencapai usia 70 tahun dan 25 hari. Sebelunya pada taun 2017 baru ada di angka 69 tahun 8 hari.

Baca Juga :   Tempat Karoke di Ambon Segera Dibuka Kembali, Wali Kota: Untuk yang Karibo Tidak

Menurutnya Richard indikator keberhasilan pembangunan itu ditunjang dari kepemimpinan dan partisipasi sosial masyarakat.

Adapun selama empat tahun kepemimpinannya, pemerintah Kota Ambon telah berhasil meraih 106 penghargaan dari berbagai pihak.

Salah satunya sebagai kota yang mendapat penghargaan dari pemerintah sebagai kota dengan vaksinasi terbaik untuk lansia dan remaja. Penghargaan itu sendiri hanya di dapat 17 kota dari ratusan kota yang ada di Indonesia.

“Apa yang kita capai ini hanya bonus, bunus, bonus ini bukan tujuan ya saudara bayangkan dari ratusan kabupaten kota, Ambon termasukdalan 17 kota yang mendapat penghargaan vaksinasi untuk lansia dan remaja,” katanya. (KPL)

Baca Juga :   Benny Selanno: Yang Membuat Zonasi Kita Turun Naik Karena Angka Kematian
Nyaris tak Ada Lagi Buta Huruf di Kota Ambon

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait