Neles Divonis 8 Tahun Penjara Gegara 5 Kali Setubuhi Siswi SMP

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Hakim Pengadilan Negeri Ambon memvonis Corneles Angkotta alias Neles (47) terdakwa kasus persetubuhan anak dibawah umur s selama delapan tahun penjara.

Sidang dengan agenda pembacaan putusan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Lutfi ini berlangsung di Pengadilan Negeri Ambon pada Kamis (27/5/2021).

“Memvonis terdakwa selama delapan tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana persetubuhan terhadap anak dibawah umur,” kata Ketua Majelis Hakim, Lutfi saat membacakan amar putusannya.

Selain hukuman badan, hakim juga meminta mewajibkan terdakwa untuk membayar denda sebanyak Rp 60 juta subsider dua bulan kurungan.

Warga Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe Ambon ini dinyatakan bersalah karena menyetubui korbannya yang masih duduk di bangku SMP secara berulang kali.

Perbuatan terdakwa ini dinyatakan terbukti melanggar pasal 81 ayat (2) UU RI no.17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU no 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU no.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Sidang yang berlangsung secara daring itu ikut dihadiri jaksa penuntut umum, Chaterina Lesbata dan kuasa hukum terdakwa Viktor Talla.

Dalam sidang tersebut, hakim menilai perbuatan terdakwa telah merusak masa depan korban.

Putusan majelis hakim ini jauh lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang sebelumnya menuntut terdakwa agar dihukum selama penjara 12 tahun.

Baca Juga :   Bocah 9 Tahun di Wailela Dicabuli Ayah Tiri, Ibu Korban Tolak Proses Hukum

Untuk diketahui terdakwa pertama kali menyetubuhi korbannya yang baru duduk di bangku SMP pada tahun 2019. Kejadian itu terjadi di rumah terdakwa setelah terdakwa memanggil korban ke rumahnya.

Saat itu korban sempat melawan, namun terdakwa segera memberinya uang tutup mulut sebesar Rp 20.000.

Selepas kejadian itu, terdakwa terus mencabuli korban. Sepanjang tahun 2020 terdakwa mencabuli korban sebanyak empat kali.

Baca Juga :   Nafsu Jajah Otak, Seorang Petani di Pulau Buru Nekat Setubuhi Siswi SMA

Kejaidan itu akhirnya dilaporkan ke polisi setelah orangtua korban yang mulai curiga menginterogasi putri mereka. Saat itulah, korban membeberkan semua kejadian yang dilakukan terdakwa kepadanya. (KPL)

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait