Masuk Zona Kuning, Ambon Kini Berstatus Risiko Rendah Penyebaran Covid-19

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon akhirnya keluar dari zona oranye ke zona kuning penyebaran Covid-19.

Keberhasilan pemerintah kota Ambon bersama aparat TNI Polri dalam menekan laju penyebaran Covid-19 serta kesadaran warga dalam mematuhi protokol kesehatan menjadi salah satu penyebab ibu kota provinsi Maluku ini akhirnya masuk ke zona kuning.

Berdasarkan  pemetaan dari Kementrian Kesehatan dan Satgas Covid-19, sebuah daerah yang berstatus zona kuning artinya daerah tersebut memiliki risiko yang rendah terhadap penyebaran Covid-19.

Adapun status zona oranye artinya risiko sedang dan zona merah artinya risiko penyebaran Covid-19 yang tinggi.

Juru Bicara  Satgas Penanggulangan Covid 19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan Kota Ambon akhirnya keluar dari zona oranye setelah mendapatkan skor 2,41 atau naik 0,10 poin dari skor pecan sebelumnya.

“Kita bersyukur karena Kota Ambon pada awal mei ini sudah berpindah ke zona kuning atau risiko rendah,” kata Joy di kepada waratwan di Balai Kota Ambon, Senin (3/5/2021).

Kota Ambon resmi dinyatakan berstatus zona kuning terhitung sejak 2 Mei 2021 kemarin.

Status zona kuning untuk kota Ambon ini baru diperoleh setelah lebih dari setahun lamanya pemerintah Kota Ambon dan berbagai pihak berjuang untuk melawan Covid-19.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Setelah 3 Hari Dirawat di RS Bhayangkara Ambon

Joy mengakui keberhasilan Kota Ambon keluar dari zona oranye ke zona kuning merupakan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa serta kerja keras dari Pemerintah Kota Ambon, lewat Satgas Penanggulangan Covid 19  bersama aparat Polri dan Polri, masyarakat  serta semua pemangku kepentingan lainnya.

“Pelaksanaan operasi yustisi yang setiap hari dilakukan, sosialisasi, dan pengawasan di pusat keramaian telah membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid-19 dapat kita tekan secara signifikan,” kata Joy.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran Covid-19, GP Anshor Maluku Distribusi 8.700 Masker di Ambon

Ia mengungkapkan factor lainnya yang menyebabkan Kota Ambon dapat menyandang status daerah berisiko rendah penyebaran Covid-19 saat ini karena kegiatan vaksinasi yang gencar dilakukan bagi kelompok masyarakat prioritas.

“Data terbaru menunjukan hanya terdapat 45 kasus positif Covid-19 di kota Ambon yang saat ini tengah menjalani perawatan, sedangkan cakupan vaksinasi mencapai 35.704 orang,” ungkapnya.

Penetapan status kota Ambon sebagai zona kuning penyebaran Covid-19 menjadi keberhasilan pemerintah Kota Ambon, sebab sebelumnya sejak Maret 2020 Kota Ambon telah menjadi zona merah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran Covid019.

Dari data kampiun.co.id sejak April 2020 hingga April 2021, Kota Ambon hanya tiga kali berganti menjadi zona oranye dan sulit masuk zona kuning. (KPL)

 

(KPL)

Masuk Zona Kuning, Ambon Kini Berstatus Risiko Rendah Penyebaran Covid-19

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait