Maluku Masuk Wilayah Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan terdapat potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada beberapa daerah di Indonesia.

Dikutip dari situs BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat dan di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku, Papua Barat dan Papua.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Lampung, Bengkulu hingga Sumatera Barat, di NTT bagian Timur, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, di Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dan di Kalimantan Selatan.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau memanjang di pesisir barat Sumatera Utara, Selat Malaka dan di perairan utara Papua.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik serta di sepanjang daerah konvegensi dan konfluensi.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Baca Juga :   Hujan Lebat Melanda Wilayah Maluku dan 11 Daerah di Indonesia, BMKG: Waspada Angin Kencang Disertai Petir

Selain itu wilayah Banten, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan juga berpotensi mengalami hujan.

Terdapat beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada risiko banjir dan banjir bandang akibat hujan lebat seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.(KL)

Baca Juga :   Hujan Lebat Melanda Wilayah Maluku dan 11 Daerah di Indonesia, BMKG: Waspada Angin Kencang Disertai Petir

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait