Jelang Lebaran Idul Fitri, Harga Daging Ayam di Kota Ambon Meroket, Daging Sapi Stabil

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID -Jelang hari raya idul fitri yang tinggal menghitung hari lagi, bahan pangan disejumlah pasar kota Ambon mengalami kenaikan.

Bahan pangan seperti daging ayam mengalami kenaikan cukup signifikan berbeda dengan daging sapi yang relatif stabil, berada pada harga Rp. 110.000 perkilogram.

Salah satu pedagang daging sapi di pasar Mardika Ambon, Haji Amir mengatakan, harga daging sapi sejak setahun lalu hingga hari ini relatif stabil dan tidak ada kenaikan, meskipun sebentar lagi umat islam akan memasuki hari raya lebaran namun harga daging sapi di tempatnya masih berkisar diharga 110.000 per kg sehingga peminat daging sapi yang datang ke tempatnya masih cukup tinggi

” harga daging sapi di sini masih 110.000 per kg dari tahun kemarin, masih begitu saja harganya”, ungkap Amir saat ditemui Kampiun.co.id di Pasar Mardika Ambon, Minggu (9/05/2021).

Hal yang sama disampikan pedagang lainnya, Rajap, menurutnya harga daging sapi untuk tahun ini tidak ada kenaikan yang berarti, tetap pada harga biasa Rp. 110.000 per kg, sebelum puasa juga harganya sama saja belum ada kenaikan sampai sekarang”, ucapnya.

Amir menambahkan bahwa kestabilan harga daging sapi di pasar Mardika salah satunya dipengaruhi oleh kesediaan jumlah stok daging sapi lokal yang mencukupi, persediaan daging rata-rata dipasok dari pulau Buru dan Seram.

” Stok daging sapi kita ini didapat dari pemasok yang bawa langsung dari Namlea, sedangkan dari pulau seram itu biasanya dapat dari masohi, kobisonta dan bula, ” tutur Amir

Sementara itu salah seorang konsumen daging sapi, Astri, warga Jl. Baru mengaku terpaksa membeli daging sapi meskipun dengan harga yang cukup tinggi. Ia menyadari kebutuhan hari raya idul fitri menghendakinya untuk menyiapkan beberapa menu makanan hidangan perayaan idul fitri bersama keluarga sehingga ia harus membeli daging sapi.

” Ya mau bagaimana lagi, harga daging sapi memang agak tinggi tapi karna kebutuhan lebaran jadi mau tidak mau kami harus beli untuk bikin makanan pas lebaran, ” Ungkap Astri dengan nada lesuh.

Pantauan Kampiun.co.id di pasar tradisional Mardika Ambon, harga kebutuhan pangan lainnya seperti daging ayam mengalami trend kenaikan harga yang cukup signifikan.

Menurut pedagang ayam, Abdul, harga ayam potong sebelum memasuki bulan puasa beràda pada kisaran harga Rp. 30.000- Rp. 35.000 namun di tengah bulan puasa ini mengalami kenaikan hingga Rp. 40-45 per kg, sementara jenis ayam kampung berkisar diantara 80-100 per ekor.

Diakuinya hal ini terjadi mengingat ketersediaan daging ayam di kota Ambon mengalami penurunan dan tingkat pembeli yang tinggi sehingga mempengaruhi nilai jual.

” Harga daging ayam memang sementara naik, masalahnya stoknya berkurang, harga alami kenaikan langsung dari para distributor terpaksa kami penjual juga harus menyesuaikan dengan modal, ” ungkapnya. (KCL)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait