Jadi Branding Pariwisata, Ambon City Of Music Sabet Penghargaan dari KemenPar RI

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Kota Ambon kembali menyabet penghargaan dari Kementerian Pariwisata (KemenPar) RI untuk kategori branding pariwisata. Penghargaan ini diberikan KemenPar RI kepada Kota Ambon atas branding pariwisata Ambon City of Musik.

Penghargaan tersebut akan diterima langsung Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 yang digelar di Inaya Bay Komodo Hotel Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, Kamis, (20/05/2021).

“ Ini merupakan hasil penilaian dari Kementerian Pariwisata. Jadi, kita mengirim proposal untuk dinilai tim juri. Dan ternyata Ambon City of Music masuk dalam kategori penilaian,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Ambon. R. Hayat dalam keterangan resminya kemarin.

Kata dia Ambon City of Music merupakan branding yang bukan lagi secara Nasional tetapi Internasional yang dibuktikan dengan pengakuan dari UNESCO. Diakuinya, penghargaan tersebut memiliki nilai yang sangat penting.

“ Pentingnya karena sebagai branding pariwisata, kita harus tetap mempertahankan predikat tersebut. Ini adalah tanggungjawab besar, karena itu membutuhkan koordinasi, kerjasama yang kooperatif dari seluruh elemen baik masyarakat maupun pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Kadis berharap, dengan penghargaan ini selain ada rasa kebanggaan, semua pihak akan terus mempertahankan branding tersebut dan tidak sampai disitu saja, tetapi semua potensi di bidang pariwisata yang ada di Kota Ambon akan digali untuk dikembangkan.

Ajang bergengsi API ini diikuti oleh sejumlah Kota dan Provinsi di Indonesia.

“Untuk Maluku sendiri, ada lima yang masuk kategori penilaian juri yaitu Provinsi Maluku dengan Digital Tourism, Kota Ambon dengan Ambon City of Music, Kabupaten Buru dengan Wisata Olah Raga Petualangan Terpopuler, Kabupaten Maluku Barat Daya dengan Destinasi Baru Terpopuler Welora serta Maluku Tengah Dengan Destinasi Kreatif Terpopuler,” jelasnya.

Selain menerima penghargaan, Kota Ambon juga didaulat untuk mengisi acara Malam Penganugerahan API 2020.

“Kita bersukacita karena selain menerima penghargaan, besok malam kita juga akan mengisi acara lewat persembahan lagu yang akan dinyanyikan singers Kota Ambon dan kawan-kawan diantaranya lagu Nasional serta beberapa lagu Ambon lainnya,” ungkapnya.

Disisi lain, menurut Hayat, Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Dinas Pariwisata akan menyiapkan proposal untuk API tahun 2021.

“Untuk tahun 2021, kita akan mengusulkan dan mengirimkan proposal terkait Desa Wisata. Kita memiliki sejumlah potensi Desa Wisata. Harapan kami, semoga proposal tahun ini juga bisa masuk dalam kriteria penjurian sehingga mendapatkan penghargaan juga,” terang Hayat. (KB/M)

Berita Terkini

2 Bocah di Ambon Tersert Banjir di Sungai, Satu Korban Hilang

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Dua bocah di kawasan Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon terseret banjir di sungai saat hujan lebat mengguyur...

Berita Terkait