Ingat! 2 Hari Lagi Tarif Parkir Baru di Ambon Mulai Berlaku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Pemerintah Kota Ambon telah mengumumkan pemberlakuan tarif parkir baru bagi pemilik kendaraan. Meski telah diumumkan, namun saat ini penerapan tarif parkir baru tersebut belum diberlakukan.

Menurut Plt Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette, tarif parkir baru tersebut secara efektif baru akan diterapkan pada Senin (24/5/2021).

“Nanti hari senin baru mulai diterpakan,” kata Sapulette saat dikonfirmasi, Sabtu.

Kebijakan menaikkan tarif parkir oleh Pemerintah Kota Ambon dilakukan berdasarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 16 Tahun 2021, tentang Tarif Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum.

Berdasarkan Perwali tersebut, tarif parkir progresif yang diterapkan di zona strategis meliputi kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat, roda enam dan kendaraan yang memiliki lebih dari enam roda.

Untuk kendaraan roda empat, tariff yang diberlakukan untuk jam pertama sebesar Rp 4.000, kemudian akan naik Rp 2.000 setiap satu jam berikutnya, roda enam Rp 6.000 di jam pertama, kemudian naik Rp 3.000 pada jam berikutnya, dan untuk roda lebih dari enam dikenakan tarif Rp 10.000 di jam pertama, kemudian naik Rp 5.000 untuk jam di jam berikutnya.

Baca Juga :   Nyaris tak Ada Lagi Buta Huruf di Kota Ambon

Adapun untuk tarif parkir kendaraan roda dua naik dari Rp 2.000 per jam menjadi Rp 3.000 per jam dan roda tiga naik menjadi Rp 4.000 untuk sekali parkir.

Pemberlakukan tarif parkir progresif ini dilakukan lima kawasan yang masuk dalam kategori zona strategis yakni di Jalan AY Patty, Jalan Sam Ratulangi, Jalan Said Perintah, Jalan Diponegoro dan Jalan AM Sangadji.

Selain di zona strategis, kenaikan tarif parkir juga diberlakukan pemerintah Kota Ambon di sejumlah jalan yang biasanya dijadikan tempat parkir. Tercatat ada 30 titik kawasan parkir yang mengalami kenaikan tarif.

Baca Juga :   Benny Selanno: Yang Membuat Zonasi Kita Turun Naik Karena Angka Kematian

Adapun kenaikan tarif parkir di luar zona strategis meliputi kendaraan roda empat dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000, roda enam Rp 8.000, roda lebih dari enam Rp 10.000 dan untuk roda dua dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000 sekali parkir. Untuk di kawasan non strategis tidak diberlakukan tarif sesuai jam.

Tak hanya itu pemkot Ambon juga memberlakukan tarif parkir bulanan di kawasan strategis bagi warga dan para pengusaha. Khusus untuk tarif bulanan ini pembayarannya tidak dilakukan per hari namun setiap bulan dengan besarannya sendiri sesuai yang ditentukan.

Menurut Sapulette untuk mendukung kebijakan Pemkot Ambon itu, pihaknya telah memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para juru parkir.

“Sudah, pelatihan dan sosialisasi sudah dilakukan, kita juga memanfaatkan media, baliho dan media elektronik untuk itu,” ujarnya.

Ia pun memastikan penerapan tarif parkir baru di Kota Ambon itu akan mulai diberlakukan pada Senin pecan depan atau dua hari lagi. “Senin sudah jalan,” katanya.

Baca Juga :   Pemkot Ambon Bangun Kerjasama Bersama LP-TTG Malindo

Sebelumnya Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan alasan pemkot Ambon menaikkan tarif parkir yakni untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penataan system perparkiran di Kota Ambon. (KPI)

Ingat! 2 Hari Lagi Tarif Parkir Baru di Ambon Mulai Berlaku

Berita Terkini

Pasukan Lapis Kedua Italia Tundukkan Wales di Olimpico Roma

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Italia kembali memetik kemenangan kala bersua Wales di matchday ketiga Euro 2020 yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia,...

Berita Terkait