Hujan Lebat Melanda Wilayah Maluku dan 11 Daerah di Indonesia, BMKG: Waspada Angin Kencang Disertai Petir

Baca Juga

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Wilayah Maluku masuk dalam peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang hingga petir bersama 11 wilayah di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di bmkg.go.id telah merilis peringatan dini cuaca untuk Sabtu 29 Mei 2021.

Diperkirakan, hujan lebat yang dapat disertai angin kencang hingga petir mengguyur Maluku dan 11 wilayah di Indonesia.

Dalam keterangannya BMKG menyebut sirkulasi siklonik terpantau di Papua bagian utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Papua bagian tengah.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Selatan bagian utara hingga Samudra Hindia barat Banten, dari Jawa Tengah hingga Banten, dan dari Kalimantan Selatan bagian utara hingga Kalimantan Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Selain wilayah Maluku daerah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat, Papua,
Aceh, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Maluku Utara.

Baca Juga :   Cuaca Buruk Terus Hantui Maluku, Bupati Malteng Imbau Warganya Waspada

Sementara Wilayah yang berpotensi angin kencang adalah: Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara. (KB/BMKG)

Baca Juga :   Harga Sayur Mayur di Pasar Mardika Kota Ambon Beranjak Naik
Hujan Lebat Melanda Wilayah Maluku dan 11 Daerah di Indonesia, BMKG: Waspada Angin Kencang Disertai Petir

Berita Terkini

Pasukan Lapis Kedua Italia Tundukkan Wales di Olimpico Roma

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Italia kembali memetik kemenangan kala bersua Wales di matchday ketiga Euro 2020 yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia,...

Berita Terkait