Hoax Vaksin AstraZeneca Terus Muncul, Ada Lansia Ngotot Ingin Divaksin

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Drg Wendy Pelupessy memastikan vaksin AstraZeneca yang dipakai untuk vaksinasi saat ini sangat aman.

Masyarakat diminta tidak percaya hoax yang menyebar terkait vaksin AstraZeneca yang disebut-sebut banyak menimbulkan efek samping hingga kematian.

“Banyak sekali hoax beredar terkait vaksin AstraZeneca. Padahal banyak yang di vaksin kondisi mereka baik-baik saja,” ujar Wendy di Ambon, Minggu (30/5/2021).

Wendy menjelaskan, vaksin AstraZeneca nomor batch CTMAV 547 yang sempat dihentikan penggunaannya tidak dipakai di Kota Ambon.

Menurutnya vaksin AstraZeneca yang digunakan di Ambon adalan nomor vaksin AstraZeneca batch CTMAV 514.

“Nah di Ambon yang dipakai itu CTMAV 514 jadi aman. Yang CTMAV 547 sempat dihentikan, sudah ada surat edaran dari Balai POM untuk dilanjutkan penggunaannya. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, yang terpenting jangan percaya hoax,” ujarnya

Ia memastikan upaya pemerintah agar seluruh masyarakat tervaksinasi adalah untuk kebaikan bersama. Semua vaksin didapat dengan gratis. Harusnya masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena masih ada negara lain yang pemerintahnya tidak melakukan program vaksinasi massal untuk warganya.

Baca Juga :   Wajibkan ASN hingga Ancam Cabut Izin Usaha Pedagang yang Tidak Mau Vaksin, Bupati Abua Tuasikal Justru Belum Divaksin

Emmy, Warga Pandan Kasturi Kota Ambon menuturkan keinginannya untuk divaksin. Seharusnya ia mengikuti vaksinasi kelompok Lansia sejak awal. Namun sempat ditolak karena memiliki riwayat sakit jantung.

“Saya sudah konsul ke dokter spesialis dua kali untuk dapat surat rekomendasi yang mau saya tunjukkan ke puskesmas. Tapi data saya masih belum diperbaharui, sehingga belum bisa divaksin. Saya masih tunggu konfirmasi lagi sampai sekarang dari pihak puskesmas,” ujarnya

Meski banyak cerita miring tentang vaksin Covid-19. Ibu Emmy tidak ragu divaksin. Ia tetap berkeinginan untuk bisa divaksin, agar terhindar dari penularan virus corona. (KNL)

Baca Juga :   Terbentuknya Herd Immunity Jadi Target Pemkot Ambon Galakkan Vaksinasi Massal

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait