Harga Daging Ayam di Kota Ambon Naik Jelang Lebaran

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID– Harga daging ayam segar di sejumlah pasar di kota Ambon merangkak naik.

Kenaikan harga ini biasa terjadi ketika mendekati perayaan hari raya idul fitri.

Memasuki hari H peryaan idul fitri 1442 H tahun ini yang tinggal menghitung hari para pedagang mematok harga berkisar Rp. 35 ribu hingga Rp 40 ribu per kilonya.

Harga ini dijual pedagang dari harga beli dari distributor yang dipasok dengan harga variatif antara Rp. 20 ribu-30 ribu perkilogramnya. Harga jual daging ayam ini diketahui berlangsung sejak awal puasa.

Meski alami kenaikan harga, para pembeli tetap merogok kocek untuk membelinya. Pasalnya, daging ayam termasuk salah satu kebutuhan utama masyarakat yang diburu jelang idul fitri.

Farid (55) salah seorang pedagang di pasar Arumbai Mardika mengatakan, sebenarnya harga daging ayam sudah mengalami kenaikan semenjak memasuki bulan puasa.

“ Sepekan menuju bulan puasa itu harga ayam telah naik. Jadi, bukan baru naik sekarang,” katanya saat ditemui Kampiun.co.id Sabtu (8/5/2021).

Kata dia naiknya harga daging ayam ini bukan atas keinginan sepihak, dalam hal ini para pedagang. Tetapi pertimbangan para pedagang harga tersebut sudah sewajarnya dan hal biasa kala memasuki perayaan idul fitri.

“ Coba bayangkan, per kilogram kami ambil dengan harga Rp. 23 ribu sampai Rp. 30 ribu. Ya kami harus jual diatas itu kalau tidak kami pedagang tidak dapat keuntungan,” ujarnya.

Lanjutnya harga jual itu sudah sewajarnya, para pedagang dalam memutuskan harga juga lebih pada memperhitungkan resiko kerugian yang akan dialami, sementara masyarakat luas tidak memperhitungkan hal itu.

“ Kami perhitungkan berbagai resiko, bisa saja ayam tidak layak jual lagi karena memang ayam mempunyai batas masa, ” bebernya.

Olehnya itu, kata Farid, jangan lagi mempersoalkan harga, karena bagi pedagang, harga yang demikian masih sangat terjangkau. Ditambah lagi banyaknya jumlah pedagang ayam di kota Ambon yang memungkinkan adanya variasi harga. (KCI—3)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait