Gempa tak Berpotensi Tsunami, Warga Malteng Diminta Tenang

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Stasiun Geofisika BMKG Ambon mengimbau warga di Maluku Tengah (Malteng) tetap tenang menyusul kejadian gempa yang terjadi di wilayah tersebut, Rabu dinihari (26/5/2021).

Warga diminta tidak panik karena gempa yang baru saja terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami sehingga kami meminta warga tetap tenang,” kata Kepala Geofisika Stasiun BMKG Ambon Herlambang Hudha dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id, Rabu.

Dia mengakui gempa yang terjadi itu dirasakan getarannya di Amahai, Masohi hingga Nusalaut dan Saparua dengan skala III MMI.

Menurutnya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

Ia pun mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Ia juga mengingatkan warga khususnya di daerah yang merasakan getaran gempa untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbanunya.

Diberitakan sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Rabu dinihari (26/5/2021).

Baca Juga :   Gempa Guncang Namlea, Getaran Dirasakan Warga di Piru

Pusat gempa berada pada 3.48 Lintang Selatan dan 129.07 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 23 km bagian tenggara Kota Masohi dan 39 km timur laut Nusalaut dengan kedalaman 10 km dibawah permukaan laut. (KPL)

Baca Juga :   Bupati Maluku Tengah: Alhamdulillah tidak Ada Korban Jiwa

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait