Gempa Bumi yang Getarkan Masohi Dipicu Aktifitas Sesar Lokal

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Stasiun Geofisika BMKG Ambon mengungkap penyebab terjadinya gempa bumi bermagnitudo 4,8 yang menggungcang Kabupaten Maluku Tengah pada Rabu dinihari (26/5/2021).

Kepala Geofisika Stasiun BMKG Ambon Herlambang Hudha, mengungkapkan berdasarkan kedalaman hiposenter, gempa 4,8 magnitudo yang mengguncang Maluku Tengah merupakan jenis gempa bumi dangkal.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal,” kata Herlambang dalam keterangan tertulis yang diterima Kampiun.co.id, Rabu dinihari.

Dia mengakui gempa yang terjadi itu dirasakan getarannya di Amahai, Masohi hingga Nusalaut dan Saparua dengan skala III MMI.

Menurutnya hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Ia pun mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Diberitakan sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Rabu dinihari (26/5/2021).

Pusat gempa berada pada 3.48 Lintang Selatan dan 129.07 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut dengan jarak 23 km bagian tenggara Kota Masohi dan 39 km timur laut Nusalaut dengan kedalaman 10 km dibawah permukaan laut. (KPL)

Baca Juga :   Gempa 4,6 Magnitudo Guncang MBD, tak Berpotensi Tsunami

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait