Ekonomi Sulawesi, Maluku, dan Papua Tumbuh Positif di Kuartal I

Baca Juga

Jakarta, KAMPIUN.CO.ID – Perekonomian nasional pada kuartal I 2021 mengalami kontraksi atau minus sebesar 0,74%. Namun, dua pulau masih mencatatkan pertumbuhan positif yaitu Pulau Sulawesi sebesar 1,20% serta Pulau Maluku dan Papua 8,97%.

Untuk Pulau Sulawesi, kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 6,52%, sementara Pulau Maluku dan Papua kontribusinya 2,44%.

“ Struktur perekonomian kita tidak banyak berubah, di mana Pulau Jawa masih mendominasi PDB kita. Kemudian ada beberapa pulau yang sudah menunjukkan pertumbuhan ekonomi positif yaitu Sulawesi serta Maluku dan Papua,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam pemaparan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2021, kemarin.

Suhariyanto memaparkan, untuk Pulau Jawa yang memberi kontribusi 58,70% terhadap PDB, terjadi kontraksi pertumbuhan ekonomi sebesar -0,83%. Kemudian Sumatera yang memberi kontribusi 21,54% terhadap PDB, terkontraksinya -0,86%. Sedangkan Kalimantan dengan kontribusi 8,05% terhadap PDB, terkontraksi -2,23%.

“Untuk Pulau Bali dan Nusa Tenggara dengan kontribusi 2,75% terhadap PDB, masih kontraksi yang dalam hingga -5,16%,” kata Suhariyanto. (KBI)

Sumber: BeritaSatu.com

Ekonomi Sulawesi, Maluku, dan Papua Tumbuh Positif di Kuartal I

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait