Dalam Sepkan 39 Gempa Guncang Wilayah Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon mencatat sebanyak puluhan kali gempa telah mengguncang wilayah Maluku dalam sepekan terakhir.

Dari data yang diterima Kampiun.co.id Jumat (28/5/2021), per 21-27 Mei 2021 jumlah gempa yang mengguncang wilayah Maluku sebanyak 39 kali.

Dari 39 kali gempa yang terjadi itu umumnya didominasi oleh gempa dengan magnitudo dibawa 5.

Gempa yang terjadi dalam sepekan juga umumnya merupakan gempa dangkal dengan pusar kedalaman dibawa 60 km.

Ada beberapa gempa yang merupakam jenis gempa dalam karena pusat mencapai 300 km.

Dari puluhan gempa yang terjadi dalam sepekan itu, hanya dua kali gempa yang dirasakan getarannya yakni gempa yang terjadi di Maluku Tengah pada tanggal 23 dan 25 Mei lalu.

Provinsi Maluku diketahui merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku. (KQQ)

Baca Juga :   Setelah di Tanimbar, Gempa 3,9 Magnitudo Guncang Maluku Tengah
Dalam Sepkan 39 Gempa Guncang Wilayah Maluku

Berita Terkini

Pasukan Lapis Kedua Italia Tundukkan Wales di Olimpico Roma

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Italia kembali memetik kemenangan kala bersua Wales di matchday ketiga Euro 2020 yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia,...

Berita Terkait