Cuaca Buruk, Harga Ikan di Pasar Kota Ambon Mencekik, Warga Pilih Makan Telur

Baca Juga

AMBON.KAMPIUN.CO.ID – Dampak cuaca buruk yang melanda wilayah Maluku beberapa pekan terakhir membuat harga ikan di sejumlah pasar kota Ambon merangkak naik.

Kenaikan harga ikan diperkirakan akan terus terjadi, mengingat cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi masih terjadi di perairan Maluku, hingga memicu pasokan ikan menipis lantaran banyak nelayan memilih tidak melaut.

” Stok ikan lagi kurang karena cuaca buruk, jadi harga ikan naik, ” tutur Alwia seorang pedagang ikan di Pasar Arumbae kota Ambon saat ditemui Kampiun.co.id, Selasa (25/05/2021).

Ia menjelaskan, kenaikan harga hampir pada semua jenis ikan. Kenaikan harga ini berlangsung sejak sepekan terakhir.

Ia merincikan seperti harga ikan Momar dan Kawalinya yang biasa ia jual di pasar.

Untuk ikan Momar berukuran sedang biasanya ia jual dengan harga Rp. 10 ribu tiga ekor kini dijual Rp. 20 ribu per tiga ekor, harga yang sama juga pada ikan jenis Kawalinyah.

” Saya kira semua jenis ikan alami kenaikan, ” tuturnya.

Ia mengaku mendapatkan stok ikan dari pulau Seram dan Banda lantaran pasokan ikan dari pulau Ambon lagi kosong. Kurangnya pasokan ikan dari pulau Ambon menyebabkan harga ikan di pasar mengalami kenaikan.

Baca Juga :   Cuaca Buruk Landa Maluku, BPBD Minta Warga Waspada

Sementara itu, Jainab salah satu warga yang tinggal di Kepala Air Batumerah kota Ambon mengaku naiknya harga ikan di pasar kota Ambon membuatnya memilih membeli telur yang harganya terjangkau.

Ibu rumah tangga ini mengaku, biasanya ia hanya bisa membeli ikan seharga Rp 10 ribu sudah bisa memenuhi kebutuhan konsumsi lauk keluarganya. Namun kali ini tidak bisa sebab, Rp 10 ribu hanya dapat 1 ekor untuk makan satu orang saja.

Baca Juga :   Sepekan Dihantam Gelombang Tinggi, Talud di Desa Haya Kembali Rusak

” Kalau kemarin-kemarin itu sepuluh ribu sucukup par katong (kita) dalam rumah 3 orang, barang deng (dengan) laki (Suami) deng ana satu. Tapi sekarang ini ikan mahal jadi seng (tidak) bisa bali sapuluh ribu lai (lagi), daripada bali satu ekor ikan mending bali talor biar katong samua makan, ” ujarnya khas dialog Ambonnya disela membeli telur di pasar tradisional Arumbae itu.

Ia berharap cuaca di wilayah kota Ambon kembali membaik dan normal agar harga ikan juga kembali normal.

“Mudah-mudahan cuaca secepatnya kembali normal, supaya harga ikan juga kembali normal, kasian juga kalu tiap hari makan telur, ” ujarnya.

Sementara itu melalui update informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) provinsi Maluku menyebutkan potensi curah hujan lebat disertai angin kencang masih terus terjadi beberapa pekan kedepan. Warga pun dihimbau untuk tetap waspada terhada potensi cuaca buruk yang bisa saja terjadi. (K-B).

Berita Terkini

Pratu BK yang Pukul KO 2 Polisi di Pos Mutiara Itu Petinju?, Ini Penjelasan Kodam

Oknum TNI yang Berkelahi dengan Polisi Dibilang Petinju, Begini Penjelasan Kodam Pattimiura AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Sejumlah foto dan video Pratu BK, oknum TNI...

Berita Terkait