Cegah Konvoi Malam Takbiran di Ambon, Sejumlah Ruas Jalan Akan Disekat

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Aparat Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease bakal menyekat sejumlah ruas jalan di Kota Ambon saat malam Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simpatupang mengatakan penyekatan sejumlah ruas jalan di Kota Ambon itu dilakukan bukan untuk mencegah orang untuk bertakbir namun untuk mencegah konvoi dan balap liar.

“Jadi penyekatan itu bukan untuk mengantisipasi orang takbiran, bukan. Penyekatan ini untuk mencegah orang-orang tidak bertanggung jawab yang akan melakukan konvoi dan balap liar ini yang kami sekat,” kata Leo kepada waratwan di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu (5/5/2021).

Menurut Leo karena saat itu Ambon masih  belum terbebas dari Covid-19, maka pihaknya mengimbau agar warga sebaiknya bertakbir di masjid-masjid dan rumah masing-masing.

“Jadi kami harapkan takbiran dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini itu dapat dilaksanakan di rumah-rumah ibadah  dan di rumah dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia menegaskan pada prinsipnya polisi akan mengutamakan langkah prefntif dan humanis saat bertugas mengamankan malam takbira. Namun pihaknya tidak akan segan-segan menghalau warga yang nekat berkonvoi dan menggelar aksi balap liar di malam Idul Fitri.

Baca Juga :   2 Hari Kabur,  Yosef si Pemicu Kebakaran di Kudamati Ditangkap

“Akan kami kembalikan ke tempatnya dan jika melawan akan ambil tindakan di tempat. Kalau masyarakat ingin berjalan kemana secara baik-baik kami tidak ada masalah,” katanya.

Leo tidak menjelaskan secara detail sejumlah ruas jalan yang akan disekat aparat saat malam Idul Fitri nanti. Namun pada tahun-tahun sebelumnya penyekatan selalu dilakukan di kawasan Mardika-Batu Merah, Talake, Pohon Pule-Jalan Baru dan beberapa kawasn lain.

Untuk pengamanan operasi ketupat pengamanan lebaran di Kota Ambon sendiri sebanyak 1.141 pasukan gabungan TNI dan Polri akan dilibatkan.

Baca Juga :   Soal Mayat Wanita Tanpa Busana, Polresta Ambon Minta Warga yang Merasa Kehilangan Anggota Keluarga Melapor

Polresta Pulau Ambon sendiri telah membangun 10 pos pengamanan di sejumlah titik dan juga enam pos pelayanan.

“Pos pengamanan ada 10 dan pos dpelayana  ada enam kami dari Polresta di becap teman-teman dari kodim dan TNI dari angkatan udara dan angkatan laut kita sebanyak 1.141 yang kita libatkan untuk pengamanan operasi ketupat dari tanggal 6-17 mei,” ungkapnya. (KPL)

Cegah Konvoi Malam Takbiran di Ambon, Sejumlah Ruas Jalan Akan Disekat

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait