Bupati Maluku Tengah Diminta Tinjau Ulang Kebijakan Larangan Mudik Lebaran

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua diminta untuk meninjau kembali kebijakan larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah di wilayah tersebut.

Larangan mudik lebaran bagi warga di  wilayah Maluku Tengah sebelumnya disampaikan Bupati Tuasikal Abua seusai mengikuti rapat Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-25 di Baileo Soekarno di Pandopo Bupati di Masohi, Senin (26/4/2021).

“Kami minta agar kebijakan larangan mudik lebaran di Maluku Tengah ditinjau kembali,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Sepa (PB-IPMAS) Ajid Tuharea kepada Kampiun.co.id, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Ajid larangan mudik lebaran oleh Bupati Maluku Tengah itu patut ditinjau kembali dan bila perlu dicabut karena hal itu hanya akan meresahkan warga Maluku Tengah.

Menutnya sejak pandemi Covid-19, tidak ada larangan bagi warga untuk datang ke Maluku Tengah sehingga dia mengaku heran saat memasuki lebaran Idul Fitri muncul kebijakan melarang warga untuk mudik ke kampong halamannya di Maluku Tengah.

“Selama ini kan tidak ada pembatasan seperti itu kenapa mau lebaran baru mau larang orang mudik lebaran,” ujarnya.

Ia mengatakan pemkab Maluku Tengah harus mencabut kebijakan tersebut karena bertentangan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Maluku yang membolehkan mudik lokal.

“Jadi harus disesuaikan dengan kebijakan pemerintah provinsi Maluku yang membolehkan mudik lokal. Tidak boleh ada kebijakan yang bertentangand engan aturan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemprov Ancam ASN yang Coba-coba Mudik Pakai Mobil Dinas

Dia menambahkan bagi warga Maluku khususnya di Maluku Tengah pulang kampung untuk berlebaran dengan keluarga telah menjadi tradisi turun temurun sehingga sangat tidak elok jika pemkab Maluku Tengah harus menutup pintu masuk ke Maluku Tengah saat mudik lebaran.

“Intinya yang mau mudik lebaran tetap patuhi protokol kesehatan, selama ini bisa dipatuhi tidaka da masalah, dan intinya kami sangat mendukung kebijakan pemprov Maluku soal mudik lebaran,” ungkapnya. (KPI)

Baca Juga :   Catat! Mulai 6 Mei Mendatang Warga Maluku tak Bisa Lagi Mudik Lebaran
Bupati Maluku Tengah Diminta Tinjau Ulang Kebijakan Larangan Mudik Lebaran

Berita Terkini

Ambon Keluar Dari Zona Merah, Satgas: Pasien Sembuh Meningkat

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kota Ambon, Provinsi Maluku kembali keluar dari zona merah atau risiko penyebaran Covid-19.Ambon kembali ke zona oranye dengan mengantongi...

Berita Terkait