Berstatus Siaga, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Bandang di Wilayah Maluku

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi bencana banjir di sejumlah daerah di Indonesia menyusul dampak dari tingginya intensitas curah hujan.

Berdasarkan data yang diterima Kampiun.co.id dari BMKG Pusat Minggu (23/5/2021), dari 12 Provinsi yang masuk dalam kategori rawan bencana banjir, Maluku merupakan satu-satunya wilayah yang berstatus siaga. Sedangkan 11 provinsi lainnya masuk dalam status waspada.

Adapun 11 daerah yang berstatus waspada itu yakni Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. Selanjutnya Jawa Timur, Sulawesi Tengah Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Peringatan dini dari BMKG terkait dampak bencana banjir akibat hujan deras ini berlaku mulai 24 Mei 2021 pukul 07.00 WIB hingga 25 Mei 2021 pukul 07.00 WIB.

BMKG pun memperingatkan curah hujan yang tinggi di daerah-daerah tersebut khususnya di Maluku yang berstatus siaga dapat menyebabkan banjir bandang.

Khusus untuk wilayah Maluku BMKG memperingatkan enam wilayah yang masuk dalam potensi bencana banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Keenam daerah itu yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah serta Kabupaten Buru yang masuk dalam status siaga.

Sementara Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Buru Selatan masuk dalam peringatan waspada.(KPL)

Baca Juga :   Demi Lindungi Sang Ayah yang Akan Ditebas, Steven Gadaikan Nyawa Tangkis Sabetan Parang Pelaku, Kejadiannya di Soya
Berstatus Siaga, BMKG Peringatkan Potensi Banjir Bandang di Wilayah Maluku

Berita Terkini

Konvoi Terus Berlanjut, Satgas Covid-19 Ingatkan Warga Ambon Tahan Diri

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon, meminta seluruh warga Kota Ambon khususnya para mendukung Negara-negara yang berkompetisi di turnamen...

Berita Terkait