Awalnya Melarang, Bupati Malteng Kini Bolehkan Mudik Lebaran

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua mencabut kembali larangan mudik lebaran bagi warga yang hendak berlebaran di wilayah itu.

Larangan mudik lebaran bagi warga di  wilayah Maluku Tengah sebelumnya disampaikan Bupati Tuasikal Abua seusai mengikuti rapat Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah ke-25 di Baileo Soekarno di Pandopo Bupati di Masohi, Senin (26/4/2021).

“Untuk warga yang mau mudik lebaran dipersilahkan,” kata Abua kepada Kampiun.co.id saat dikonfirmasi dari Ambon, Sabtu (1/5/2021).

Ia mengatakan bagi warga yang ingin mudik lebaran akan diperbolehkan dengan syarat harus memenuhi ketentuan.

Pertama, kata Abua warga yang hendak mudik lebaran ke Maluku Tengah harus menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen yang berlaku 1×24 jam.

Selanjutnya warga yang hendak lebaran ke wilayah Maluku Tengah harus dapat mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi yang dari luar daerah yang mudik ke Maluku Tengah harus tunjukkan bukti rapid test antigen yang terbaru dan harus mematuhi protokol kesehatan, itu syaratnya,” kata dia.

Adapun mudik lokal bagi warga di wilayah Maluku Tengah tetap dibolehkan.

Menurut Abua  pemkab akhirnya menyesuaikan aturan mudik lebaran menyusul dikeluarkannya surat edaran Gubernur nomor 412-52 tahun 2021 tentang mudik lebaran.

Baca Juga :   Bupati Maluku Tengah Diminta Tinjau Ulang Kebijakan Larangan Mudik Lebaran

Dalam surat edaran itu, transportasi laut boleh melayani penumpang antar kabupaten dalam satu provinsi.

“Nah saat ini karena sudah ada surat edaran dari gubernur Maluku, maka kita sesuaikan, tapi tadi yang saya bilang bukti rapid antigen dan protokol kesehatan harus jalan, ” ujarnya. (KPL)

 

 

Baca Juga :   4 Calon Pemudik Ketahuan Positif Setelah Ikut Rapid Antigen di Kantor Gubernur Maluku
Awalnya Melarang, Bupati Malteng Kini Bolehkan Mudik Lebaran

Berita Terkini

Ribuan Kendaraan Terjebak Macet di Jalan Jenderal Sudirman

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Kemacatan parah terjadi di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Rabu malam (12/5/2021).Kemacetan parah yang terjadi di malam takbiran...

Berita Terkait