Aparat Keamanan Halau Pengendara Melintasi Perbatasan Hitu Mamala, Warga Kecewa Tak Bisa Saksikan Acara Adat Pukul Sapu

Baca Juga

AMBON.KAMPIUN.CO.ID – Aparat keamanan dari Polsek Leihitu dibantu TNI terlihat berjaga-jaga di perbatasan antara Negeri Hitu dan Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kamis (20/5/2021) sore.

Penjagaan dilakukan guna menghalau warga yang hendak melintasi perbatasan itu menuju Negeri Mamala Morela untuk menyaksikan acara adat, Pukul Manyapu.

Warga di luar dua negeri yang melintas di perbatasan itu diminta untuk berbalik arah. Warga dilarang memasuki kawasan itu karena dalam suasana pandemi.

Kepala Polisi Sektor (Polsek) Leihitu, Julkisno Kaisupy mengatakan, berhubung masih dalam situasi pandemi. Olehnya itu, selain warga Mamala dan Morello dilarang melintas.

” Masih nuansa covid, jadi yang diizinkan melintas hanya warga dua Negeri itu,” tegasnya.

Kata Kaisupy, langkah ini ditempuh, semata-mata untuk mencegah kerumunan dan tetap menjalankan protokoler kesehatan untuk memutus penyebaran Covid -19.

“Pelarangan ini bukan tanpa alasan, cegah kerumunan dan tetap menjalankan prokes, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 ” terangnya.

Warga diluar dua negeri yang khendak melintas menuju Mamala Morela terpaksa menahan rasa kecewa lantaran diminta berbelok arah oleh aparat keamanan yang berjaga di perbatasan dua negeri bertetangga itu.

Warga kecewa lantaran niat mereka ingin menyaksikan langsung acara adat pukul manyapu di negeri itu tak kesampaian. Niat hati sirna, seperti menelan pil pahit. Bagaimana tidak, keinginan kuat untuk menonton acara sakral itu sirna setelah dipulangkan.

” Kecewa berat, sudah rela jauh-jauh datang saksikan acara sakral itu, eh malah diminta pulang, ” ketus Vian warga Asilulu dengan nada kesalnya.

Padahal, sambung dia, pengendara lain dengan bebasnya melintas sejak pagi.

Lanjutnya, pukul sapu menyimpan nilai adat yang sakral, makanya satu keberuntungan baginya bisa menyaksikannya secara langsung.(KR)

Aparat Keamanan Halau Pengendara Melintasi Perbatasan Hitu Mamala, Warga Kecewa Tak Bisa Saksikan Acara Adat Pukul Sapu

Berita Terkini

Pasukan Lapis Kedua Italia Tundukkan Wales di Olimpico Roma

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-Italia kembali memetik kemenangan kala bersua Wales di matchday ketiga Euro 2020 yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia,...

Berita Terkait