Akhir Mei Mendatang Vaksinasi Mulai Dikenakan Biaya, Ini Harganya

Baca Juga

AMBON,KAMPIUN.CO.ID – Terhitung mulai akhir Mei 2021 mendatang, vaksinasi Covid-19 mulai dikenakan biaya.

Hal ini sesuai dengan surat edaran dari Menteri Kesehatan (Menkes) bahwa Vaksinasi Covid-19 secara mandiri akan dikenakan biaya.

“ Dalam surat edaran itu, bagi perusahan dan pelaku usaha setelah tanggal 31 Mei nanti kalau mau divaksin harus membayar Rp. 800 ribu, ” demikian kata Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Balai Kota Kemarin.

Harga ini kata Walikota sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07/Menkes 4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penujukan Biofarma Dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid 19 dan Tarif Maksimal Pelayanan Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong sebagaimana tertuang dalam surat edaran itu.

Walikota menjelaskan, berdasarkan surat Menkes tersebut vaksinasi mandiri bagi perusahaan maupun pelaku usaha dan pedagang yang dikenakan biaya Rp.800 ribu/dosis. Namun untuk kelompok penerima prioritas lainnya masih gratis alias tidak dipungut biaya.

“Untuk masyarakat lainnya tetap gratis, namun untuk pelaku usaha dan perusahan, harus vaksin mandiri sesuai dengan surat edaran dari Menteri Kesehatan,” jelasnya.

Menyikapi surat edaran Menkes itu Walikota menghimbau warga kota Ambon untuk segera di vaksin sebelum sampai waktunya vaksinasi dikenakan biaya.

Baca Juga :   Tinjau Program Serbuan Vaksinasi 1 Juta Orang Per Hari, Gubernur: Jangan Takut Sama Vaksin

” Sehingga saya menghimbau manfaatkanlah kesempatan untuk vaksinasi massal yang dilaksanakan saat ini tanpa pungutan biaya,” kata Walikota.

Kata Walikota saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sementara melangsungkan vaksinasi massal yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka hingga 31 Mei 2021 mendatang.

Vaksinasi lanjutan ini selain dilaksanakan untuk menyisir kembali warga yang masuk kelompok prioritas penerima vaksin, namun belum sempat divaksin.

Kelompok prioritas penerima vaksin tersebut, diantaranya, Lansia, Nakes, ASN, Tenaga Pendidik, Tokoh Agama, Pegawai BUMN, Petugas Pelayan Publik, Pegawai Hotel Dan Pariwisata, Pedagang Pasar, Pelaku Usaha, Sopir Angkot dan Pengojek.

Baca Juga :   Terbentuknya Herd Immunity Jadi Target Pemkot Ambon Galakkan Vaksinasi Massal

Diketahui, sejak dibuka 19 Mei sampai dengan 24 Mei 2021 kemarin, warga yang telah menerima vaksinasi Covid 19 mencapai 1.132 orang. (K-B)

Berita Terkini

Guru SD di Buru Selatan Perkosa Cewek ABG, Setelah Pergoki Korban Lagi Begituan Sama Pacarnya

AMBON,KAMPIUN.CO.ID-LOS, seorang oknum guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan, Maluku dilaporkan ke polisi karena diduga...

Berita Terkait