27 Hari Puasa, Asida Kulur Masih Jadi Rebutan Warga untuk Menu Berbuka

Baca Juga

AMBON.KAMPIUN.CO.ID – Asida termasuk jajanan khas bercita rasa tinggi yang sangat digemari para pemburu takjil menjelang waktu berbuka puasa.

Hampir sebagian besar warga masing-masing negeri di Maluku mempunyai keahlian yang mumpuni dalam menyajikan asida.

Pantauan Kampiun.co.id, jelang berbuka puasa terlihat warga berburu asida Kulur pada lapak musiman makanan berbuka puasa di Batu Merah, Kecamatan Sirimau, kota Ambon, Jumat (9/5/2021).

Norgia Siauta, salah seorang pedagang makanan berbuka mengatakan, asida Kulur dibuat dengan cara yang unik dan cukup berbeda dari lainnya.

Awalnya, sambung dia, gula merah dipanaskan bersama daun pandan lalu garam dan gula ditambahkan secukupnya. Setelah itu, angkat kemudian diaduk hingga merata.

“Panaskan air gulanya, kalau sudah mendidih, angkat dan aduk dengan tepung terigu. Dan jangan diaduk di wajan saat air lagi mendidih, tambahkan lagi air hangat, aduk kembali hingga merata, jangan terlalu cair maupun kental. Kemudian masukkan ke dalam wajan dengan cara disaring, ” jelas Gia menyampaikan kiat membuat asida kulur sebagaimana khas olahan asida yang sudah diwarisi turun temurun dari orang tuanya.

Sementara, Rohana (25) seorang pembeli menjelaskan, kelebihan asida Kulur yakni teksturnya yang lembut. Selain itu, sangat memanjakan tenggorokan.

“Enak sekali. Kelembutan tekstur asidanya memanjakan tenggorokan,” tuturnya.(KRH)

27 Hari Puasa, Asida Kulur Masih Jadi Rebutan Warga untuk Menu Berbuka

Berita Terkini

Anggap Kedes Meyano Langgar Aturan, Fatlolon : Tersangka Korupsi Malah Dipertahankan

AMBON, KAMPIUN.CO.ID – Pelajar asal Desa Meyano Das, Kecamatan Kormomolin, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Alfin Fatlolon, angkat bicara terkait proses...

Berita Terkait